Kesaksian di Tengah Penderitaan

Renungan Rabu, 29 November 2023, pekan biasa.

Bacaan: Dan. 5:1-6,13-14,16-17,23-28; MT Dan. 3:62-67Luk. 21:12-19.

 “Hal itu akan menjadi kesempatan bagimu untuk bersaksi.” (Lukas 21:13)

Mengikut Kristus memang tidak mudah, hal ini sudah diberitahukan Yesus kepada para murid-Nya. Tetapi Yesus juga mengingatkan bahwa di dalam setiap penderitaan di sana Tuhan akan bekerja, baik dalam setiap kesaksian, kata, dan perbuatan para murid-Nya.

Saya sering menyaksikan bagaimana murid-murid Kristus di zaman sekarang yang juga mengalami banyak pergumulan tetapi mereka tetap kuat dan bersukacita dalam menjalani hidup yang nampaknya tidak mudah.

Suatu ketika seorang teman saya secara mendadak meninggal dunia sehingga isterinya menjadi seorang janda, tetapi cara hidup yang saleh juga ketabahan yang luar biasa nampak dalam hidup sehari-harinya, dan saya merasakan itu karena ia memiliki Yesus sebagai kekuatannya.

Seorang teman yang lain juga demikian, saat ia mengalami krisis ekonomi, suami mengidap kelainan jiwa dan harus keluar masuk rumah sakit, ia nampak tetap teguh dengan iman kristianinya. Walaupun banyak godaan di luar untuk meninggalkan suaminya dan hinaan karena kehidupan yang serba sederhana, namun ia tetap setia kepada suaminya.

Semua kekuatan itu dari mana? Jelas kalau bukan Tuhan yang bekerja dalam kehidupan mereka dan  mereka mau setia kepada Tuhan, mereka pasti tidak mampu bertahan. Semua penderitaan mereka menjadi kesaksian hidup bagi yang lain bahwa kekuatan mereka berasal dari Tuhan. Inilah kesaksian hidup tentang Tuhan di tengah penderitaan mereka.

Apakah kita juga siap bersaksi untuk Tuhan?

(CW)

Share This :
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
×