Peka Membaca Tanda

Renungan Jumat 25 November 2022
 
Bacaan: Why. 20:1-4,11 – 21:2Mzm. 84:3,4,5-6a,8aLuk. 21:29-33

Apabila kamu melihat pohon-pohon itu sudah bertunas, kamu tahu dengan sendirinya bahwa musim panas sudah dekat. (Lukas 21:30)

Manusia dianugerahi kecerdasan akal budi untuk bisa membaca tanda-tanda alam. Para petani atau nelayan memahami prakiraan cuaca seperti arah angin, gerakan awan, cuaca dan sebagainya agar berhasil dalam bercocok tanam atau menangkap ikan.

Tuhan Yesus dalam injil hari ini mengingatkan para murid-Nya untuk memiliki kecerdasan dalam membaca tanda-tanda zaman. Sebagaimana pohon ara atau pohon-pohon lainnya yang sudah bertunas menandakan sudah dekatnya musim panas, demikian pula akan adanya tanda-tanda yang pasti bahwa kerajaan Allah sudah dekat. Maka kita pun harus mampu untuk mendengarkan dan mengerti tanda-tanda dari Tuhan melalui karya-Nya di dalam kehidupan kita sehingga dapat siap untuk kedatangan kerajaan-Nya.

Dalam hidup saya pun sesungguhnya sudah banyak tanda yang diberikan agar bertobat dan memulai hidup baru yang seturut kehendak Tuhan. Saat mengalami sakit parah dan bisa sembuh secara ajaib, seharusnya membuat saya bertobat, meninggalkan alkohol dan mulai hidup sehat. Kurangnya relasi dengan Tuhan menyebabkan saya tidak peka apa yang menjadi kehendak-Nya dalam hidup saya.

Tuhan memberikan tanda dengan banyak cara, melalui suara hati, melalui sesama di sekitar kita, bahkan melalui peristiwa-peristiwa yang terjadi. Akan tetapi bagaimana kita dapat mengenali tanda-tanda-Nya di tengah-tengah gemerlapnya dunia yang sangat menarik perhatian kita? Kita bisa mengenali tanda-tanda Tuhan hanya ketika kita memahami Sang Pemberi Tanda. Melalui relasi yang intim melalui doa dan membaca serta merenungkan Kitab Suci serta tuntunan Roh Kudus kita akan semakin peka membaca tanda apa yang menjadi kehendak Tuhan untuk kita secara pribadi.

Tuhan, mampukan aku untuk selalu setia membangun relasi yang semakin intim dengan-Mu, agar semakin peka dalam mengenali tanda-tanda-Mu sehingga siap ketika Engkau datang. Amin. (MEN)

×