Nubuat Akhir Zaman

Renungan Kamis, 24 November 2022

Bacaan: Why. 18:1-2,21-23; 19:1-3,9aMzm. 100:2,3,4,5Luk. 21:20-28

Apabila semuanya itu mulai terjadi, bangkitlah dan angkatlah mukamu, sebab penyelamatanmu sudah dekat.(Lukas 21:28)

Shalom saudaraku terkasih,

Tentang akhir zaman, selalu digambarkan dengan menakutkan, kekacauan di sana sini, perang, bencana, seakan-akan kemurkaan Allah ditumpahkan atas manusia yang berdosa ini. Cerita ini sudah saya dengar sejak kecil, di mana orang tua selalu menceritakan tentang adanya hari kiamat yang mengerikan, yang akan menimpa seluruh makhluk di dunia. Maka saat itu yang tertanam dalam benak saya adalah Allah yang kejam dan suka menghukum.

Ketika beranjak dewasa saya sering mendengar bahwa Allah adalah kasih, sangat mengasihi manusia, bahkan Yesus, Allah Putra menjadi tebusan bagi umat manusia. Tentunya hal ini sangat bertentangan dengan yang ada dalam pemikiran saya saat itu, dan sungguh sangat sulit untuk menerimanya. Dalam perjalanan selanjutnya, saya mulai tertarik belajar  kerohanian, termasuk belajar SEP, KEP, dll, dari situlah mulai terbuka pemahaman-pemahaman yang benar tentang Allah Tri Tunggal, tentang iman Katolik, yang tentu saja saya percayai sebagai buah dari Roh Kudus.

Dari pengalaman ini, saya mulai menyadari betapa pentingnya untuk selalu belajar memperdalam iman, karena hanya dengan iman kita akan sanggup bertahan sampai kesudahannya. Karena itulah kita harus terus berusaha untuk memelihara pertumbuhan iman kita dengan terus menerus menjalankan roda kehidupan Kristiani secara seimbang. Sehingga suka duka apapun yang terjadi tidak mudah membuat kita terguncang, sebaliknya hati kita makin diteguhkan dalam pengharapan karena penyelamatan kita sudah dekat.

Semoga firman Tuhan hari ini tentang nubuat akhir zaman justru akan semakin menyadarkan kita sebagai orang beriman agar selalu mempersiapkan dan menjalani hidup yang Tuhan berikan dengan lebih baik lagi seturut kehendak-Nya. Berkah Dalem. (MVLD)

×