Mampukah Bertahan?

Renungan Rabu 23 November 2022  

Bacaan: Why. 15:1-4Mzm. 98:1,2-3ab,7-8,9Luk. 21:12-19

Kalau kamu tetap bertahan, kamu akan memperoleh hidupmu. (Lukas 21:19)

Selama hidup di dunia, pasti akan selalu ada yang namanya tantangan, masalah, pergumulan, gesekan dan tuntutan, Masa sulit dalam hidup bukanlah hal yang sepele. Dalam menghadapi masa sulit ini, mampukah kita bertahan?

Bacaan injil hari ini, Yesus mengingatkan para murid-Nya untuk mempersiapkan diri akan segala bentuk penderitaan dan permusuhan yang akan dialami. Mereka akan dianiaya oleh penguasa, tokoh agama, saudara-saudara, sahabat, bahkan keluarga mereka. Semua ini terjadi karena mereka percaya bahwa Tuhan Yesus adalah Mesias. Namun semua itu tidak membuat kepercayaan dan keteguhan iman mereka goyah.

Tuhan sedang membentuk kita untuk menjadi pribadi-pribadi yang memiliki karakter Kristus. Yesus menjadi teladan bagi kita dalam penderitaan. Setiap cobaan, tantangan dan aniaya, Dia jalani tanpa menyerah sedikit pun. Tuhan memberi  kekuatan bagi kita untuk bertahan dan untuk menang dalam menghadapi tantangan, seperti yang disabdakan-Nya: “kalau kamu tetap bertahan, kamu akan memperoleh hidupmu.” Tuhan  Yesus memberikan jaminan keselamatan bagi mereka yang tetap setia dan taat. Terlebih lagi bagi siapa saja yang tetap bertahan akan memperoleh kebahagiaan abadi di surga.

Allah Bapa di surga, berilah rahmat-Mu agar aku kuat untuk tetap bertahan dalam setiap penderitaan yang  kualami. Amin. (KLC)

×