Di dalam Hadirat Tuhan

Renungan Minggu 22 Mei 2022 Hari Minggu Paskah VI

Bacaan: Kis. 15:1-2,22-29; Mzm. 67:2-3,5,6,8; Why. 21:10-14.22-23; Yoh. 14:23-29

Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu. (Yohanes 14:27)

Seperti ikan yang tidak pernah kehausan di dalam air, begitu juga dengan kita, yang akan selalu bahagia karena selalu ada dalam hadirat Tuhan. Tetapi mengapa banyak sekali orang tidak bahagia di dunia ini? Ada 2 jawaban yang jadi faktor kemungkinannya, yaitu:

  1. Tidak mengenal Tuhan sehingga tidak menyadari kalau sedang ada dalam hadirat Tuhan.
  2. “Merasa” sudah mengenal Tuhan tetapi tidak menyadari kalau sedang ada ada dalam hadirat Tuhan.

Sepertinya kebanyakan dari kita ada dalam poin 2, kita “merasa” sudah mengenal Tuhan tetapi tidak menyadari kalau selalu ada dalam hadirat Tuhan. Itu mengapa kita menjadi sering gelisah, khawatir, takut dan sering bertanya kenapa doaku tidak dijawab atau dikabulkan.

Lalu apa yang harus kita lakukan agar menyadari kalau setiap saat berada dalan hadirat Tuhan?

  1. Kalau bangsa Israel dulu melakukan sunat untuk masuk menjadi anggota Keluarga Allah, maka saat ini kita menerima Sakramen Baptis dengan melakukan sunat dalam hati yaitu berjanji meninggalkan hal-hal yang tidak disukai Tuhan atau dosa.
  2. Hidup dalam Firman Tuhan/melakukan Lectio Divina.
  3. Hidup di dalam sakramen dan dalam bimbingan Roh Kudus.

Kalau kita melakukan itu semua, maka janji Yesus akan terpenuhi:

Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah  dan gentar hatimu. (Yoh 14:27)

Ini berarti, apapun yang sedang kita alami, bahkan dalam keadaan masalah yang paling berat, Tuhan selalu menyertai kita dan IA sedang mengerjakan sesuatu dalam kehidupan kita yang akan mendatangkan kebaikan.

Tuhan Yesus memberkati (MHP)

Please follow and like us:
error20
fb-share-icon0
Tweet 20
fb-share-icon20