Percaya dan Taat

Renungan Minggu, 16 Januari 2022, hari Minggu biasa II.

Bacaan: Yes. 62:1-5Mzm. 96:1-2a,2b-3,7-8a,9-10ac1Kor. 12:4-11Yoh. 2:1-11.

Tetapi ibu Yesus berkata kepada pelayan-pelayan: “Apa yang dikatakan kepadamu, buatlah itu!” (Yohanes 2:5)

Mukjizat air menjadi anggur dalam perjamuan di Kana merupakan peristiwa dalam Kitab Suci yang paling banyak diceritakan dan diingat sejak saya ikut dalam Bina Iman Anak Katolik. Melalui peristiwa ini, sebenarnya kita bukan hanya disadarkan bahwa kita memiliki Allah yang Mahakuasa, tetapi Gereja juga mengingatkan peran Bunda Maria yang mengenali kebutuhan kita dan membawa kita kepada Tuhan.

Pesan penting yang disampaikan melalui peristiwa ini adalah Bunda Maria mengajak kita untuk percaya dan taat pada apa yang dikatakan oleh Yesus. Pada saat pesta itu kehabisan anggur, maka sesuai yang diminta bunda Maria, para pelayan melakukan apa yang dikatakan Yesus meskipun tampaknya tidak masuk akal. Mereka harus mengisi tempayan penuh dengan air dan mencedoknya untuk pemimpin pesta. Pemimpin pesta itu mengecap anggur yang baik yang tidak tahu dari mana asalnya.

Perikop sabda ini selalu menegur dan mengingatkan saya untuk taat, setia, dan melakukan respons sesuai Sabda dan kehendak Tuhan dalam setiap situasi. Pembentukan karakter kita sebagai murid Kristus sebenarnya sering terjadi pada saat kita menghadapi keadaan atau hal yang tidak sesuai dengan harapan kita. Saya adalah orang yang mudah panik, emosional, dan cepat bereaksi jika ada sesuatu yang salah atau tidak sesuai dengan harapan. Kecenderungan itu mendorong saya untuk mengandalkan diri saya sendiri, kurang sabar, dan kurang melihat sisi positif, juga kurang memahami kehendak Tuhan.

Melalui perisitwa mukjizat di Kana ini, saya belajar memprioritaskan untuk datang dan menyerahkan segala sesuatu kepada Tuhan sesuai nasihat bunda Maria. Hal ini memelihara reaksi positif dan kesabaran saya atas situasi maupun orang lain yang dihadapi. Dan kemudian Tuhan memperlihatkan kepada saya segala sesuatu yang baik yang boleh terjadi dalam hidup saya, untuk membimbing saya semakin mempercayai kasih dan kuasa-Nya.

(RMWT)

Please follow and like us:
error20
fb-share-icon0
Tweet 20
fb-share-icon20