Mukjizat Setiap Hari

Renungan Senin 6 Desember 2021

Bacaan: Yes. 35:1-10; Mzm. 85:9ab-10,11-12,13-14; Luk. 5:17-26.

“Hari ini kami telah menyaksikan hal-hal yang sangat mengherankan.” (Lukas 5:26)

Dalam perjalanan hidup kita sebagai orang beriman yang sudah diselamatkan, tak selalu kita mengalami hal-hal yang menyenangkan, keberhasilan, kegembiraan, kemudahan atau hal yang mengenakkan saja. Sesuatu yang tidak kita inginkan atau yang tidak sesuai harapan, bisa saja terjadi. Namun janji Tuhan melalui Yesaya 35:10, berkata: bahwa orang-orang yang diselamatkan Tuhan akan diliputi sukacita abadi. Maka itu berarti, dalam keadaan apa pun yang kita boleh alami dalam hidup ini, sukacita itu tetap akan meliputi kita. Bahwa iman kita akan memampukan kita untuk boleh melihat sesuatu yang baik dan indah di balik setiap peristiwa hidup ini, bahwa di dalam Tuhan kita selalu punya pengharapan.

Dengan demikian, kita bukan hanya dimampukan mensyukuri setiap penyelenggaraan Tuhan atas hidup kita, tapi lebih dari itu, kita akan boleh mengalami bahwa Tuhan selalu melakukan hal-hal yang menakjubkan dalam hidup kita. Mungkin tidak selalu peristiwa yang spektakuler, yang ‘wow’ atau yang menghebohkan, bahkan mungkin tidak menakjubkan bagi banyak orang. Namun bagi kita secara pribadi bisa mencengangkan, membuat kita bisa berkata ‘wow’ dalam hati. Peristiwa-peristiwa kecil, misalnya bagaimana Tuhan mengirim seorang bapak tukang yang sudah lama hilang kontak, datang ke rumah kami, tepat ketika kami sedang kebingungan karena atap rumah bocor di musim hujan. Atau ada penjual kue putu yang “nyasar” masuk lewat ke jalan rumah, ketika sudah lama kangen ingin menikmatinya.

Peristiwa-peristiwa kecil, ‘mukjizat-mukjizat’ kecil, boleh terjadi untuk kita alami setiap hari. Membuat kita takjub dan bersyukur, betapa besar kasih Allah bagi kita. Biarlah sukacita dalam pengharapan selalu memenuhi hati kita semua, di masa Adven ini dan di setiap masa dalam hidup kita.

Berkat dan kasih Tuhan melingkupi kita semua. (JTI)

Please follow and like us:
error20
fb-share-icon0
Tweet 20
fb-share-icon20