Bertobatlah, Siapkan Dirimu

Renungan Minggu, 5 Desember 2021, pekan Adven II

Bacaan: Bar. 5:1-9; Mzm. 126:1-2ab,2cd-3,4-5.6; Flp. 1:4-6,8-11; Luk. 3:1-6

Maka datanglah Yohanes ke seluruh daerah Yordan dan menyerukan: “Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu, …” (Lukas 3:3)

Bacaan Injil pada minggu kedua Adven hari ini, Bunda Gereja menampilkan Yohanes Pembaptis yang datang mewartakan pertobatan (Luk. 3:3).

Ia adalah salah satu tokoh sentral pada masa Adven, selain Tuhan Yesus dan Bunda Maria. Seorang tokoh sederhana, sangat rendah hati dan taat, yang mempersiapkan kedatangan Yesus Kristus Sang Juru Selamat umat manusia. Bagi Yohanes Pembaptis, Yesus yang akan datang adalah jauh lebih besar dan berkuasa daripadanya, bahkan katanya, “…membuka tali kasutnya pun saya tidak pantas.” (Luk. 3:16)

Pertobatan yang menjadi tekanan utama dari khotbahnya benar-benar mengingatkan saya dan mungkin Bro, Sis, Ibu, dan Bapak semua bahwa pembaruan diri dan pembersihan hati adalah yang paling utama dalam menantikan kehadiran Sang Juru Selamat.

Saya beruntung, karena dua minggu yang lalu Tuhan mengijinkan saya mengikuti Retret Perutusan (Retus) Yesus Pemberita Injil. Lewat pengajaran yang luar biasa, terutama dalam sesi pertobatan, Ia mengajak saya menyerahkan kedosaan saya kepada-Nya dengan penuh kepercayaan, dengan resiko apa pun. Dengan kasih-Nya Ia meminta saya meletakkan semua kedosaan itu ke dalam tangan-Nya.

Melalui pengajar sesi pertobatan itu, Ia dengan jelas mendorong saya untuk setia menyediakan waktu melakukan pemeriksaan batin setiap hari. Melakukan pengakuan pujian (confessio laudis), pengakuan hidup (confessio vitae), dan pengakuan iman (confessio fidei).

Benar-benar Retus itu seolah dipakai Tuhan Yesus untuk mempersiapkan diri saya yang rapuh ini dalam menyambut masa Adven, dengan bersedia untuk dibentuk-Nya menjadi serupa Kristus dan terus menerus melakukan pertobatan.

Terima kasih Tuhan Yesus, karena dengan kasih-Mu Engkau mengajak saya dan (saya percaya) juga para sahabat saya dan banyak orang percaya untuk mempersiapkan diri menyambut kedatangan-Mu.

Bimbing dan tarik kami Tuhan, supaya terus melekat kepada-Mu, mau melakukan pemeriksaan batin setiap hari, peka mendengarkan suara-Mu dan mau mengikuti-Mu dengan tulus dan setia. Amin.

Terima kasih. Tuhan memberkati.

(Set)

Please follow and like us:
error20
fb-share-icon0
Tweet 20
fb-share-icon20