Yesus Raja Semesta Alam

Renungan Minggu 21 November 2021 Hari Raya Tuhan kita Yesus Kristus Raja Semesta Alam

Bacaan: Dan. 7:13-14; Mzm. 93:1ab,1c-2,5; Why. 1: 5-8; Yoh. 18:33b-37.

; setiap orang yang berasal dari kebenaran mendengarkan suara-Ku.” (Yohanes 18:37b)

Hari ini adalah hari minggu terakhir dalam tahun liturgi gereja, gereja merayakan pesta Kristus Raja Semesta Alam.

Dalam bacaan ini, Yesus menegaskan bahwa Kerajaan-Nya bukan berasal dari dunia ini. Kerajaan Yesus adalah Kerajaan dari Allah Bapa Pencipta Alam Semesta yang tidak lagi dibatasi oleh daerah atau kekuasaan. Yesus bukan hanya Raja atas semesta ini, tetapi Dia adalah Raja dalam hidup pribadi kita masing-masing. Pada hari ini ketika gereja universal merayakan Kristus Raja Semesta Alam, marilah kita merenungkan apakah kita telah menjadikan Yesus sebagai Raja dalam hidup kita dengan mengenali dan melakukan kehendak-Nya? Yesus mengatakan “Setiap orang yang berasal dari kebenaran mendengarkan suara-Ku.” 

Ketika saya dibaptis sewaktu remaja, saya menyadari bahwa saya adalah anggota gereja dan memiliki kewajiban untuk pergi ke gereja setiap minggu.  Secara umum, saya menghindari untuk tidak melakukan hal-hal yang dipandang salah dan jahat, baik yang diatur oleh negara maupun kehidupan sosial. Saya berdoa, tetapi lebih menyampaikan permohonan dan berkat atas apa yang hendak saya putuskan dan lakukan.

Bergabung dan belajar dalam komunitas Sentra Evangelisasi Pribadi (SEP) menolong saya untuk memahami bahwa Yesus adalah Tuhan dan Raja dalam hidup saya. Bagaimana kehidupan dan keputusan saya juga mengutamakan dan mempercayai apa yang menjadi kehendak Allah.

Beberapa waktu yang lalu, saya merasa kecewa dengan sahabat dalam pelayanan, tetapi saya memutuskan untuk bertahan dalam kelompok pelayanan karena belajar mengutamakan apa yang menjadi kehendak Tuhan untuk saya lakukan di atas perasaan dan kepentingan saya sendiri. Saya dapat melihat bahwa keputusan mengutamakan Tuhan membuat rencana dan kehendak Tuhan yang terbaik terjadi dalam dan melalui hidup saya. Dan sering kali saya tidak henti-hentinya bersyukur ketika telah melewati semuanya dan melihat bagitu indah dan sempurna Tuhan merencanakan segala sesuatu. Kehidupan dalam pelayanan juga membimbing saya untuk melakukannya dalam setiap sisi kehidupan saya. Apa yang perlu saya lakukan adalah memelihara agar saya tetap berelasi intim dengan Tuhan melalui doa dan Sabda-Nya.

Doa

Tuhan, bimbinglah kami untuk dapat sungguh-sungguh menjadikan Engkau sebagai Tuhan dan Raja dalam hidup kami, bukan hanya sekedar ucapan dalam bibir kami. Dalam situasi sulit saat ini akibat pandemi covid, kuatkanlah iman kami untuk tetap setia supaya kami dapat melihat kemuliaan dan rencana-Mu terjadi dalam kehidupan kami dan semua orang di sekitar kami. (RMWT)

Please follow and like us:
error20
fb-share-icon0
Tweet 20
fb-share-icon20