Waspada Si Jahat

Renungan Selasa 23 November 2021

Bacaan: Dan. 2:31-45; MT Dan. 3:57-61; Luk. 21:5-11

Waspadalah, supaya kamu jangan disesatkan. Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Dia, dan: Saatnya sudah dekat. Janganlah kamu mengikuti mereka. (Lukas 21:8)

Melalui Injil Lukas hari ini, Tuhan Yesus mengingatkan kita semua untuk tetap waspada terhadap keindahan, keramaian dunia yang selalu ingin menjauhkan kita dengan Tuhan Yesus.

Dunia seringkali menyenangkan kita hanya sesaat saja, dan kemudian kenikmatan yang dirasakan tidak akan pernah memuaskan dan membahagiakan kita. Beberapa minggu yang lalu saya pun sedang mengalami peperangan melawan kemalasan untuk tugas melayani pasangan calon pengantin yang membutuhkan pembinaan, saya lebih memilih kesenangan lain, ingin menyenangkan diri sendiri. Si Iblis telah memberi iming-iming untuk bersenang-senang dan cenderung menjauhkan hubungan saya dari Tuhan, mengabaikan tugas pelayanan rutin saya, dan saya menjadi lebih sombong. Benar kata Yesus bahwa saya harus selalu waspada terhadap hal-hal yang menyesatkan iman akan Yesus. Dengan mengandalkan kekuatan Roh Kudus saya telah diingatkan akan komitmen sebagai murid Yesus untuk selalu mengikutiNya. ”Setiap orang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku.“ (Lukas 9:23). Dengan melakukan pertobatan akan dosa-dosa yang saya lakukan, dan memperbaiki relasi dengan Yesus kembali, maka ketenangan, keselamatan terjadi dalam kehidupan ini, belajar menjadi rendah hati serta siap melayani gereja. Perjalanan iman seorang murid Yesus yang selalu turun naik, membutuhkan usaha yang kuat untuk terus berpegang pada Sang Guru sejati, bukan kepada yang lain. Lebih bertekun dalam doa bersama-sama dengan keluarga, komunitas, lingkungan menjadi pelayan yang baik.

Marilah kita semua belajar untuk selalu berjaga-jaga menyambut kedatangan Yesus kembali dengan selalu setia kepada firman-Nya, memperbaiki cara hidup orang beriman, mempererat hubungan kita dengan-Nya. Kita tidak pernah tahu akan akhir zaman, ketakutan akan peristiwa yang dahsyat yang kita alami, kita pasrahkan dan serahkan kepada kehendak-Nya serta tetap semangat dalam hidup bersama Yesus.

Doa: Bapa yang maha baik dan maha kasih, kami bersyukur dan berterimakasih atas sabda-Mu yang mengingatkan kami untuk selalu berjaga-jaga menyambut kedatangan-Mu. Bimbinglah kami untuk tetap berjalan dalam jalan-Mu dan belajar mengandalkan Engkau. Terima kasih, ya Bapa untuk firman yang sangat menguatkan kami dan ajarilah kami untuk tetap setia mengikuti-Mu, demi Kristus pengantara kami. Amin. (MPS)

Please follow and like us:
error20
fb-share-icon0
Tweet 20
fb-share-icon20