Memberi Dalam Kekurangan

Renungan Senin 22 November 2021

Bacaan: Dan. 1:1-6,8-20; MT Dan. 3:52-56; Luk. 21:1-4;

Lalu Ia berkata: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda miskin ini memberi lebih banyak dari pada semua orang itu.” (Lukas 21:3)

Memberi pada saat berkelebihan ada hal yang mudah. Tetapi memberi dari kekurangan, memerlukan suatu kekuatan yang besar. Karena biasanya orang akan fokus pada kebutuhannya terlebih dahulu.

Pada zaman Yesus, janda adalah status yang dipandang rendah dalam masyarakat. Namun justru oleh Tuhan Yesus diambil sebagai contoh apalagi janda yang miskin. Tuhan Yesus memberikan suatu pujian, karena janda ini berani memberikan hartanya yang berharga dan mepersembahkannya untuk Tuhan.

Ayat ini menegur saya cukup keras, terutama karena dengan adanya pandemi, di mana penghasilan saya turun sangat drastis. Sering Tuhan meminta saya membantu orang lain tapi saya menundanya dan bahkan kadang saya tidak melakukan. Karena itu melalui ayat ini saya ditegur, agar jangan memberi ketika kondisi uang sedang bagus tetapi ketika dalam kondisi kurang pun, saya juga harus menolong.

Doa: Tuhan Yesus, ampunilah hamba-Mu yang sering kali mengabaikan perintah-Mu, karena aku lebih fokus kepada keadaanku. Ajar aku ya Tuhan, agar mempunyai hati yang tidak fokus pada kondisi diri sendiri tapi lebih fokus untuk melakukan akan setiap apa yang Kau perintahkan. Amin. (SAN)

Please follow and like us:
error20
fb-share-icon0
Tweet 20
fb-share-icon20