Waspada

Renungan Jumat 8 Oktober 2021

Bacaan: Yl. 1:13-15; 2:1-2; Mzm. 9:2-3,6,16,8-9; Luk. 11:15-26

Tetapi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu. (Lukas 11:20)

Hari ini, melalui Injil Lukas 11:15-26, Yesus memberiku gambaran bagaimana pikiran manusia terungkap dari dalam jiwa manusia yang lemah. Betapa sering pikiran itu terungkap tanpa adanya pengendalian diri, sehingga mengakibatkan timbulnya perpecahan, perpisahan, kebencian, saling melukai, pembunuhan jiwa dan bahkan sampai pembunuhan fisik manusia.

Kelemahan manusia antara lain cinta diri, ego dan harga diri, terperangkap dalam diri manusia sejak manusia pertama. Karena kuasa si jahat yang lebih menguasai jiwa manusia, yang lebih mencintai dirinya sendiri, menjadi kelemahan yang sangat dikenal si jahat untuk membinasakan manusia.

Saya sungguh bersyukur, Allah yang adalah kasih, telah mengutus Yesus Putra-Nya untuk datang dan menyelamatkan hati dan jiwa saya, serta seluruh umat manusia sehingga kembali  mendapatkan kebahagiaan sejati.

Di dalam Lukas 11:20 dituliskan bahwa apabila Yesus mengusir setan dengan kuasa Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepada kita. Bagi kita yang menjadi murid Kristus, kita semakin mengimani bahwa keberhasilan Kerajaan Allah di bumi ini berbanding lurus dengan penghancuran pekerjaan iblis dan pembebasan orang berdosa dari perbudakan dosa dan kuasa setan.

Namun tampaknya iblis tidak tinggal diam, dia akan terus menentang kedatangan Kerajaan Kristus di bumi. Maka kita sebagai murid-murid Kristus perlu terus waspada, mengendalikan diri, dan bertobat. Perebutan jiwa-jiwa kita manusia yang masih hidup di dalam dunia ini akan terus menjadi perebutan peperangan antara kuasa iblis dan Kerajaan Allah yang menyelamatkan manusia.

Doa: Allah Bapa yang maha baik, terima kasih karena Engkau telah mengutus Putra-Mu datang ke dunia untuk menyelamatkan aku. Biarlah kuasa-Mu terus menaungiku, sehingga Kerajaan-Mu sungguh hadir dalam hidupku. Buatlah aku terus waspada, terus mengendalikan diri, supaya tidak jatuh dalam jerat dan tipu daya si jahat, tetapi terus berpaut pada-Mu saja. Amin. (MTWN)

Please follow and like us:
error20
fb-share-icon0
Tweet 20
fb-share-icon20