Murid Berkualitas

Renungan Kamis 9 September 2021

Bacaan: Kol. 3:12-17; Mzm. 150:1-2,3-4,5-6; Luk. 6:27- 38.

“Tetapi kepada kamu, yang mendengarkan Aku, Aku berkata: Kasihilah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu; (Lukas 6:27)

Bacaan injil hari ini mengajak kita sebagai murid Kristus untuk memiliki hidup yang berkualitas. Bagaimanakah ukuran hidup berkualitas itu? Apakah hanya dengan berbuat baik saja? Jawabannya adalah tidak. Kita dituntut lebih dari hanya sekedar berbuat baik tapi kita diajak untuk berani memberi pengampunan dan dalam kemurahan hati. Berani tampil beda dengan mengembangkan spiritualitas kasih. Inilah prasyarat menjadi anak Allah yang maha tinggi.

Hendaklah kamu murah hati sebagaimana Bapamu murah hati adanya (ayat 36). Maka menjadi pengikut Kristus dituntut menyerupai hidup Kristus, role model kita, yang hidup-Nya selalu penuh akan  belas kasih dan pengampunan serta murah hati. Karena kita telah lebih dahulu  diampuni, dikasihi-Nya maka saatnya kita membagikan pengampunan itu. Terutama saat pandemi ini, kita dihadapkan pada banyak kesalahpahaman baik di tengah keluarga, komunitas, gereja, karena situasi hidup yang sulit, tekanan hidup serta keputusasaan.

Kita dituntut untuk berani menghadirkan sifat-sifat Bapa yang adalah murah hati. Walaupun tidak selalu mudah untuk dilaksanakan, tetapi Dia menghendaki kita untuk menekuninya.

Doa

Allah Bapa yang bertahta di surga, berkatilah kami anak-anakMu dalam menguasai hati dan budi kami sehingga dalam perkataan dan perbuatan kami dapat meneladan hidup-Mu dan bertumbuh dalam kasih yang benar dan adil sehingga aku mampu mengampuni dan mencintai musuhku. Sebab Engkaulah Tuhan dan penggantara kami sepanjang segala masa. Amin (IP)

 

Please follow and like us:
error20
fb-share-icon0
Tweet 20
fb-share-icon20