Maria Pilihan Allah

Renungan Rabu 8 September 2021 Pesta Kelahiran Santa Perawan Maria

Bacaan: Mi. 5:1-4a atau Rm. 8:28-30; Mzm. 13:6ab,6cd; Mat. 1:1-16,18-23

Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara. (Roma 8:29)

Setiap kita oleh karena jasa-jasa penebusan Kristus dan karena sakramen pembaptisan yang kita terima, menyadari bahwa kita orang yang dipilih Allah untuk menjadi anak-anak Allah dan menjadi saudara-saudari Yesus. Kalau kita bisa menyadari hal ini, maka apalagi Bunda Maria, yang mempunyai peranan dan tugas penting dalam karya keselamatan Allah, di mana bunda Maria dipilih Allah untuk menjadi ibu atau mama dari Tuhan kita Yesus Kristus.

Jika melihat peranan dan tugas sebagai ibu yang mengandung dan melahirkan Tuhan dan Juru Selamat dunia, maka panggilan istimewa ini, hanya Maria satu-satunya manusia yang menerimanya. Maka tidak heran, jika gereja mengajak kita memberikan penghormatan kepada Bunda Maria, juga pada pesta kelahiran Santa Perawan Maria yang kita rayakan hari ini.

Di antara para orang kudus yang dihormati gereja, hanya Bunda Maria dan Santo Yohanes Pembaptis yang dirayakan juga hari kelahirannya. Dengan merayakan pesta kelahiran Santa Perawan Maria, maka kelahiran Bunda Maria yang dikandung tanpa noda dosa ini, merupakan persiapan bagi kelahiran Yesus, Tuhan dan Juruselamat dunia.

Tuhan Yesus yang dikandung dari Roh Kudus, dilahirkan oleh Santa Perawan Maria, sungguh-sungguh Allah dan sungguh-sungguh manusia. Dia mengambil kemanusiaan-Nya dari Bunda Maria, dan sebagai manusia, Bunda Maria mempunyai sejarah hidup, di mana dia pernah lahir pada waktu dan tempat tertentu, Maria mempunyai orang tua  yang melahirkan dan membesarkan dia.

Di samping itu, pesta ini juga mengungkapkan iman gereja akan Maria sebagai perawan yang ditentukan Allah untuk mengandung dan melahirkan Putera-Nya, sebagaimana yang dinubuatkan nabi Yesaya, “Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel” (Yesaya 7:14)

Santa Perawan Maria, doakanlah kami. Amin (ET)

Please follow and like us:
error20
fb-share-icon0
Tweet 20
fb-share-icon20