Taat dan Percaya pada Karya Allah

Renungan Minggu 25 Juli 2021, hari Minggu biasa XVII

Bacaan: 2Raj. 4:42-44; Mzm. 145:10-11,15-16,17-18; Ef. 4:1-6; Yoh. 6:1-15.

Kata Yesus: “Suruhlah orang-orang itu duduk.” Adapun di tempat itu banyak rumput. Maka duduklah orang-orang itu, kira-kira lima ribu laki-laki banyaknya. (Yohanes 6:10)

Dalam Injil hari ini dikatakan bahwa orang banyak berbondong-bondong datang mengikuti Yesus. Lalu Yesus memberi mereka makan melalui penggandaan roti. Di sini seolah Yesus hendak mengajarkan bahwa:

  1. Mukjizat terjadi ketika ada ucapan syukur.
  2. Peristiwa ajaib akan dialami ketika orang taat melakukan apa yang diajarkan/dikatakan Yesus.
  3. Yesus bukan saja mencukupkan sesuai dengan yang dibutuhkan malah masih ada sisa/kelebihan.

Ketiga hal tersebut menunjukkan bahwa siapa pun yang percaya kepada Yesus akan memperoleh hidup berkelimpahan.

Saat itu situasi tampaknya tidak mendukung atau tidak memungkinkan karena hanya ada dua ikan dan lima roti untuk lima ribu orang lebih, namun ketika mereka taat dan percaya pada apa yang diperintahkan Yesus, maka tidak ada hal yang tidak mungkin.

Demikian juga di masa pandemi yang sulit ini, asal kita mau percaya dan melangkah bersama Yesus, walaupun sulit dan tampaknya kita tidak mampu (hanya ada lima roti dan dua ikan), namun Tuhan akan menjadikan kita mampu melewatinya (lima ribu orang lebih tercukupi). Dia juga akan memperlengkapi apa yang tidak kita miliki, sehingga banyak orang dapat mengalami kasih dan karya-Nya yang melampaui segala akal (sisa dua belas bakul).

Doa: Tuhan Yesus dalam masa pandemi sekarang ini di saat timbul rasa bosan dan tidak mampu ketika disuruh melayani dalam komunitas kami, tumbuhkanlah iman dan semangat baru kepada kami sehingga kami mau menjawab “Ya” terlebih dulu, karena kami percaya bahwa Engkau akan memampukan kami dan memperlengkapi segala sesuatu dalam perjalanan pelayanan kami. Amin.

(IMH)

Please follow and like us:
error20
fb-share-icon0
Tweet 20
fb-share-icon20