Mulutmu Harimaumu

Renungan Sabtu 31 Juli 2021

Bacaan: Im. 25:1,8-17; Mzm. 67:2-3,5,7-8; Mat. 14:1-12;

sehingga Herodes bersumpah akan memberikan kepadanya apa saja yang dimintanya. (Matius 14:7)

Judul di atas adalah suatu pepatah yang sering kita dengar. Arti dari pepatah “Mulutmu Harimaumu” adalah ketika kata-kata punya kekuatan besar, bisa positif dan juga bisa negatif.

Allah menciptakan anggota tubuh yang luar biasa bagi manusia, salah satu anugerahnya yang istimewa adalah mulut. Dengan mulut kita bisa makan dan dengan mulut kita bisa berkomunikasi dengan sesama. Dengan mulut kita juga bisa melakukan hal-hal baik dan hal-hal yang tidak baik. Artinya bahwa mulut punya kekuatan yang besar.

Sebagai mahluk ciptaan-Nya, Allah ingin kita menggunakan mulut untuk hal-hal baik. Menaikkan puji-pujian bagi Dia, meninggikan nama-Nya serta memuliakan-Nya dan selalu mengeluarkan ucapan syukur. Namun sayangnya, kadang dengan mulut sebagai anugerah Tuhan, kita menggunakannya untuk hal-hal yang tidak baik.

Maka melalui bacaan Injil hari ini, kembali kita diingatkan untuk berhati-hati terhadap apa yang kita ucapkan, terutama ketika kita mengatakannya dengan bersumpah dan berjanji, karena suatu janji harus ditepati. Suatu janji yang keluar dari mulut kita kepada Tuhan Yesus, akan menghasilkan perubahan dan kebaikan bagi kita asalkan apa yang kita janjikan kepada Tuhan adalah untuk membuat hidup kita berubah menjadi lebih baik dan lebih berkenan kepada Tuhan.

Doa

Tuhan Yesus, kami sering berjanji kepada-Mu, namun kami juga sering ingkar akan janji kami. Ampunilah kami ya Tuhan Yesus, sungguh kami ingin berubah dan punya hidup yang lebih baik dari hari ke hari, sehingga kami menjadi semakin berkenan di hadapan-Mu. Terima kasih untuk semua kebaikan-Mu dalam hidup kami, dan kami akan selalu berusaha agar yang kami janjikan dapat kami lakukan. Amin. (SA)

 

Please follow and like us:
error20
fb-share-icon0
Tweet 20
fb-share-icon20