Berjuang Mengenal Tuhan

Renungan Jumat 23 Juli 2021, pekan biasa XVI

Bacaan : Kel. 20:1-17; Mzm. 19:8,9,10,11; Mat. 13:18-23.

Kepada setiap orang yang mendengar firman tentang Kerajaan Sorga, tetapi tidak mengertinya, datanglah si jahat dan merampas yang ditaburkan dalam hati orang itu; itulah benih yang ditaburkan di pinggir jalan. (Matius 13:19)

Sabda Tuhan hari ini mengenai perumpamaan penabur selalu mengingatkan saya pada kehidupan yang lama. Bagaimana saya seorang Katolik yang datang kepada Tuhan mengikuti Ekaristi setiap minggu, mendengar firman Tuhan dan homili yang dibawakan romo hanya sebagai rutinitas. Setelah keluar dari gereja dan pulang ke rumah, tidak ada satu pun firman Tuhan maupun homili yang tadi didengar yang masih saya ingat, apalagi untuk melakukannya.

Allah ingin firman-Nya yang telah ditaburkan di hati kita jatuh di tanah yang subur dan kemudian berbuah banyak. Namun kenyataannya tidak terjadi demikian. Seperti benih yang ditaburkan di tanah berbatu, saya menerima firman Tuhan, tetapi tidak berakar dan tidak tumbuh subur. Karena banyak beban dan masalah dalam hidup, maka kehidupan duniawi yang menjadi fokus utama.

Puji Tuhan dengan tuntunan Roh Kudus saya mulai rindu untuk dapat mengenal Tuhan lebih dekat lagi, saya rindu untuk dapat membaca firman Tuhan. Melalui Sentra Evangelisasi Pribadi (SEP) saya belajar untuk membaca dan merenungkan Kitab Suci dengan melakukan lectio divina setiap hari secara konsisten. Awalnya memang tidak mudah untuk melakukannya setiap hari. Perlu ada usaha dan perjuangan untuk dapat menjadikannya suatu kebiasaan. Namun Tuhan senantiasa memberikan kemampuan dan memproses kita untuk terus konsisten dalam mengenal Dia. Kita harus berjuang terus menerus untuk menempatkan Tuhan sebagai fokus utama dalam hidup kita.

Doa: Terima kasih Tuhan atas rahmat dan kerjasama yang telah Kauberikan dalam hidup kami. Berikan kami kemampuan untuk berjuang terus menerus untuk mengarahkan hati dan pikiran kami kepada-Mu. Kami mau menjadi anak-Mu yang siap menjadi tanah subur bagi benih firman-Mu dan terus berbuah dalam kelimpahan. Amin.

(BDH)

Please follow and like us:
error20
fb-share-icon0
Tweet 20
fb-share-icon20