Yesus dan Allah Bapa adalah Satu

Renungan Sabtu 1 Mei 2021, Pekan IV Paskah, Yusuf Pekerja, Hari Sabtu Iman

Bacaan: Kis. 13:44-52; Mzm. 98:1,2-3ab,3cd-4; Yoh. 14:7-14

Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri. (Yohanes 14:11)

Di dalam amanat perpisahan-Nya Tuhan Yesus menegaskan kepada murid-murid-Nya bahwa selama ini para murid selalu tinggal bersama dengan Dia, itu berarti para murid juga telah melihat Bapa, karena Tuhan Yesus dan Allah Bapa adalah satu. Namun meskipun sudah sekian lama bersama-sama dengan Yesus, rupanya Filipus masih juga belum bisa mengenal Yesus secara utuh. Karena itu dia meminta kepada Tuhan Yesus agar menunjukkan Allah Bapa kepada dia.

Sekali lagi Tuhan Yesus menegaskan bahwa: “Barang siapa telah melihat Aku, dia telah melihat Bapa. Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku.” Tuhan Yesus menghendaki agar kita pun percaya akan sabda-Nya itu. Agar kita mampu melaksanakan pekerjaan-pekerjaan besar di dalam pelayanan kita, maka ketika kita menghadapi tantangan dalam tugas perutusan, Tuhan Yesus menjanjikan kepada kita: “Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.”

Sahabat-sahabatku, marilah kita memperbarui relasi cinta kasih kita kepada Allah Bapa dan mohon iman kepada Tuhan Yesus, agar kita mampu melihat dan menyadari kehadiran Allah Bapa melalui sabda-Nya di dalam seluruh pergumulan hidup kita.

Tuhan Yesus menghendaki agar semua orang yang oleh Allah Bapa telah diserahkan kepada-Nya, selalu tinggal bersama-Nya, agar semua orang yang percaya, mampu memandang kemuliaan Allah Bapa. (TFKS)