Penuntun

Renungan Rabu 12 Mei 2021

Bacaan: Kis. 17:15,22-18:1; Mzm. 148:1-2,11-12ab,12c-14a,14bcd; Yoh. 16:12-15

Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. (Yohanes 16:13)

Ketika saya kecil, ibu saya sering bercerita tentang pelajaran-pelajaran yang berkaitan dengan hidup yang benar, memberikan contoh-contoh bagaimana saya harus melakukan sesuatu dengan benar. Apabila saya melakukan kesalahan, Beliau selalu mengarahkan dan kadang-kadang marah dan menghukum saya kalau saya seringkali melakukan kesalahan yang sama.

Dahulu, sebagai seorang kristiani, saya tidak pernah menyadari kehadiran Roh Kudus dalam hidup saya, sehingga seringkali saya menjalani hidup dengan penuh beban, tidak ada sukacita, bahkan saya tidak tahu arah dan tujuan saya hidup.

Namun saya bersyukur, ketika pada suatu saat saya mengikuti Seminar Hidup Baru dalam Roh, saya baru menyadari kehadiran Roh Kudus yang Tuhan Yesus anugerahkan bagi saya. Sejak saat itu, saya setiap hari berdoa memohon tuntunan Roh Kudus untuk menuntun seluruh kehidupan saya sepanjang hari. Saya benar-benar merasakan sesuatu yang tidak mampu saya lakukan terutama untuk hidup dalam kebenaran, berangsur-angsur saya mulai dimampukan.

Biasanya kalau saya marah kepada seseorang yang menyakiti hati saya, seringkali memikirkan bagaimana saya ingin membalas menyakiti dengan lebih parah. Tetapi ketika saya melibatkan Roh Kudus untuk memimpin hidup saya, maka pemulihan-pemulihan dapat saya alami, perasaan dendam mulai hilang dan akhirnya saya dengan mudah dapat mengampuni orang yang bersalah kepada saya.

Doa: Allah Roh Kudus, aku mau menyerahkan seluruh aspek kehidupanku kepada-Mu. Aku mau Engkau menguasai dan menuntun seluruh langkahku, agar apa yang aku lakukan sesuai dengan kehendak-Mu, yang pasti membawa aku kepada kebenaran. Terima kasih Allah Roh Kudus. (CTS)