Saluran Berkat

Renungan Jumat 16 April 2021, Hari Biasa Pekan II Paskah.

Bacaan: Kis. 5:34-42; Mzm. 27:1,4,13-14; Yoh. 6:1-15.

Lalu Yesus mengambil roti itu, mengucap syukur dan membagi-bagikannya kepada mereka yang duduk di situ, demikian juga dibuat-Nya dengan ikan-ikan itu, sebanyak yang mereka kehendaki. (Yohanes 6:11)

Pada saat itu ribuan orang mengikuti Yesus, ada yang ingin melihat mukjizat penyembuhan, ada yang hanya ikut teman mereka, atau ada juga yang punya motivasi lain yang  berbeda-beda. Bagaimana dengan saya? Apa motivasi saya mengikuti Yesus? Rasanya saya seperti Filipus dan Andreas yang masih mengandalkan pikiran saya sendiri meskipun sudah menjadi murid-Nya.

Saya semakin menyadari bahwa Yesus memberi contoh, bahwa dalam kehidupan ini saya harus selalu mengucap syukur dan membagi-bagikan berkat Tuhan bagi sesama. Pada saat itu Yesus tahu bahwa orang banyak tersebut kelaparan dan Yesus ingin memberi makan. Saya juga harus menolong orang banyak dengan tindakan nyata, bukan hanya membantu doa saja tetapi saya harus menjadi saluran berkat Tuhan, terutama pada masa pandemi Covid-19 ini, banyak orang yang menderita dan perlu pertolongan.

Doa

Puji syukur kepada-Mu Tuhan Yesus, Engkau memberi teladan agar saya selalu mengucap syukur dan siap untuk menjadi saluran berkat bagi sesama, curahkan Roh Kudus agar menjadi Raja di hati saya sehingga saya peka dan mampu menjadi pelaku firman-Mu, terima kasih Tuhan, amin. (MGND)