Jangan Takut

Renungan Senin 5 April 2021, Oktaf Paskah I

Bacaan: Kis. 2:14,22-32 ;Mzm. 16:1-2a,5,7-8,9-10,11; Mat. 28:8-15

Maka kata Yesus kepada mereka: “Jangan takut. Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku, supaya mereka pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat Aku.” (Matius 28:10)

Syukur kepada Tuhan kita boleh merayakan Paskah tahun 2021 dalam suasana khidmat penuh sukacita walau masih di tengah pandemi. Di mana Tuhan Yesus hadir, di situ selalu ada damai sejahtera meskipun di tengah segala hiruk-pikuk dan permasalahan duniawi yang mengepung hidup kita setiap hari. Itulah buah yang kita terima dari kebangkitan-Nya.

Seperti para wanita yang pagi itu menjenguk kubur kosong Yesus dan juga para murid yang tidak takut menjadi saksi kebangkitan Yesus, demikian juga hari ini kita yang beriman kepada Yesus juga harus berani menjadi saksi. Saksi bahwa Yesus, Allah Putra yang menjadi manusia, telah wafat namun bangkit tiga hari kemudian, yang berarti maut telah dikalahkan dan manusia diselamatkan. Kebenaran akan misteri Ilahi ini berusaha dikaburkan oleh banyak pihak sejak dua ribu tahun yang lalu.

Semoga melalui kemenangan iman yang baru kita peringati kemarin, mengobarkan kembali semangat kita sebagai pewarta-pewarta kabar baik yang misioner. Kabar baik harus kita wartakan sampai ke ujung bumi dan di sepanjang usia yang Tuhan berikan. Janji Tuhan untuk selalu menyertai harus selalu tertanam di dalam hati agar kita tidak takut menghadapi segala rintangan yang menghadang.

Doa: Puji syukur ke hadirat-Mu Tuhan untuk berkat kebangkitan-Mu yang luar biasa bagi keselamatan kami umat manusia. Hidup kami menjadi berpengharapan di dalam Engkau. Semoga kami tidak menyia-nyiakan lagi kesempatan yang Engkau berikan untuk semakin giat bekerja di ladang Tuhan, demi keselamatan jiwa kami maupun sesama, dan untuk selalu memuliakan nama-Mu. Sebab Engkaulah satu-satunya Tuhan yang merajai hidup kami, kini dan sepanjang masa. Amin. (MVLD)