Apakah Aku Sudah Tahu

Renungan Kamis 29 April 2021, PW Katarina dari Siena, pekan IV Paskah

Bacaan: Kis. 13:13-25Mzm. 89:2-3,21-22,25,27Yoh. 13:16-20;

”Jikalau kamu tahu semua ini, maka berbahagialah kamu, jika kamu melakukannya.” (Yohanes 13:17)

Seharusnya semakin dewasa kita akan semakin banyak tahu tentang kehidupan ini sehingga akan semakin bijaksana dan bahagia dalam menjalaninya. Tetapi apakah pasti begitu? Pada kenyataannya masih banyak orang yang merasa takut dan gelisah dalam kehidupan ini, sehingga semakin lama kita bisa melihat semakin banyak orang yang mengalami stres daripada bahagia.

Yesus menegaskan, bahwa memang ada yang manusia belum tahu dengan benar, dengan mengatakan: ”Jikalau kamu tahu semua ini, maka berbahagialah kamu, jika kamu melakukannya.” (Yoh. 13:17).

Jadi sebetulnya apa sesungguhnya yang belum kita ketahui/sadari dengan benar? Bahwa Allah sungguh mencintai setiap kita. Hal ini bisa kita lihat pada bacaan hari ini:

  • Allah mempunyai rencana keselamatan untuk setiap manusia sejak awal sampai pada puncaknya adalah mengutus Putera-Nya untuk menyelamatkan kita dari kematian (Kis. 13:16-20).
  • Allah yang setia dan selalu menyertai kita (Mzm. 89:2-3, 21-22, 25, 27).

Masih perlukah kita takut dan gelisah kalau mengetahui bahwa kita selalu dalam perlindungan dan rencana-Nya yang selalu penuh dengan damai dan sejahtera? Kalau tidak, maka tugas kita sekarang adalah mengikuti Yesus dan menjadi serupa dengan-Nya melalui panggul salib dan sangkal diri setiap hari (Luk. 9:23). Maka kita akan mengalami kebahagiaan karena kita sudah tahu.

Tuhan Yesus memberkati. (MHP)