Kutahu Yang Kuminta

Renungan Rabu 3 Maret 2021, Hari Biasa Pekan II Prapaskah.

Bacaan: Yer. 18:18-20; Mzm. 31:5-6,14,15-16; Mat. 20:17-28.

Tetapi Yesus menjawab, kata-Nya: “Kamu tidak tahu, apa yang kamu minta. Dapatkah kamu meminum cawan, yang harus Kuminum?” Kata mereka kepada-Nya: “Kami dapat.” (Matius 20:22)

Kalau semisal Tuhan akan mengabulkan apa saja permintaan manusia, kira-kira apa yang akan terjadi? Mungkin akan terjadi bencana. Karena meski manusia diciptakan serupa dengan gambaran Tuhan, tetapi manusia sudah jatuh dalam dosa sehingga cenderung untuk melakukan hal-hal yang jahat atau memiliki keinginan-keinginan yang tidak teratur.

Itulah mengapa hari ini, Tuhan mengingatkan kita dengan kalimat; “Kamu tidak tahu, apa yang kamu minta”. Apakah ini berarti kita tidak boleh meminta? Tidak juga, karena kita boleh dan harus meminta pada Tuhan, terlebih juga Dia adalah Bapa yang baik, Dia senang kalau kita meminta pada-Nya. Namun ada beberapa hal yang harus kita lakukan sebagai anak-Nya supaya tahu apa yang kita minta, yaitu:

  1. Bertemanlah dengan orang yang benar di dalam Tuhan, dan bukan dengan orang yang menggali lobang bagi kita (Yeremia 18:20).
  2. Menjadikan Tuhan sebagai satu-satunya tempat perlindungan, apapun masalah yang kita hadapi (Mazmur 31:5).
  3. Setiap hari menjalin relasi yang baik dengan Tuhan dengan terus belajar untuk rendah hati (Matius 20:26-28).

Kalau kita setia menjalin relasi dengan-Nya, maka dari hari ke hari kita akan semakin mengenal Bapa kita dan kita semakin tahu apa yang harus kita minta kepada-Nya.

Tuhan Yesus memberkati. (MHP)