Mengampuni

Renungan Selasa 23 Februari 2021

Bacaan: Yes. 55:10-11; Mzm. 34:4-5,6-7,16-17,18-19; Mat. 6:7-15.

Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu.” (Mat. 6:14-15)

Di dalam hal pengampunan, memang tidak mudah menjalankan ajaran Tuhan Yesus untuk mengampuni orang yang bersalah kepada saya.

Dalam kehidupan sehari-hari, baik di tempat kerja, dalam keluarga, di lingkungan, atau dalam pelayanan, saya sering juga tanpa sadar menyakiti hati orang lain. Tetapi yang saya ketahui adalah saya banyak juga disakiti oleh orang-orang di sekitar saya, baik karena perkataan mereka, maupun perbuatannya. Seberapa jauh kesulitan saya dalam hal mengampuni tergantung pada seberapa jauh perbuatan orang tersebut melukai hati saya. Sering juga saya dipermalukan di depan orang lain. Hal itu membuat saya menjadi sangat sulit mengampuni. Tuhan mengajarkan kepada saya, sesulit apapun itu pasti saya bisa mengampuni, karena rahmat pengampunan dari Tuhan sudah saya terima, maka pertolongan Tuhan pasti saya dapatkan, dan saya dapat mengampuni orang lain. Saat saya dapat mengampuni orang lain, saya merasakan ada kelegaan, ada sukacita juga.

Semoga saya dapat tetap berpegang pada ajaran Tuhan Yesus, untuk selalu berusaha mengampuni dan mendoakan orang yang bersalah kepada saya.

Tuhan Yesus memberkati kita semua. (Ksm)