Janji Tuhan

Renungan Kamis 25 Februari 2021, Hari Biasa, Pekan I Prapaskah

Bacaan: T.Est. 4:10a,10c-12,17-19; Mzm. 138:1-2a,2bc-3,7c-8; Mat. 7:7-12.

Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya. (Matius 7:11)

Itulah janji Tuhan Yesus kepada murid-murid-Nya dan kepada kita semua. Tentu kita semua mengimani bahwa setiap janji Tuhan adalah sungguh benar dan pasti digenapi.

Namun sering kali kita jumpai banyak umat Tuhan yang merasa Tuhan tidak menjawab doanya. Bahkan mungkin kita sendiri pun pernah berada dalam posisi itu, merasa bahwa Tuhan tidak menjawab doa kita.

Benarkah demikian? Bukankah meminta dan memohon kepada-Nya adalah sesuai firman-Nya? Bukankah janji Tuhan sendiri, bahwa kita akan menerimanya?

Namun Allah adalah Bapa kita yang selalu dan pasti tahu apa yang terbaik bagi kita. Itu adalah janji Tuhan juga, bahwa Bapa kita akan memberikan kepada kita apa yang kita minta, yang baik, bahkan yang terbaik.

Maka sering kali yang terjadi adalah Bapa sudah menjawab doa kita, memberi kepada kita apa yang kita minta, yang terbaik menurut Bapa. Mungkin itu sesuatu yang tak terpikirkan, tak terbayangkan, atau bahkan yang tidak kita harapkan tetapi dalam pandangan dan rencana Bapa adalah yang terbaik bagi kita. Sesuatu yang tidak akan membawa kita terpisah dari kasih-Nya atau membawa kepada kebinasaan.

Marilah pada masa Prapaskah ini kita belajar bersyukur atas apapun jawaban Tuhan terhadap doa-doa kita. Mungkin tidak sesuai dengan harapan kita, tetapi yang pasti akan membawa kita tetap pada jalan keselamatan-Nya.

Selamat menjalani masa Prapaskah. Berkat dan kasih Tuhan melimpah bagi kita semua. (JTI)