Mengampuni

Renungan Jumat 15 Januari 2021

Bacaan: Ibr. 4:1-5.11; Mzm 78:3.4bc.6c-7.8; Mrk 2:1-12.

“Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa. ” (Markus 2:10)

Kita mengenal pribadi Bapa sebagai Allah yang Maharahim, Allah yang selalu siap mengampuni kesalahan kita dan menerima kita kembali dalam persekutuan dengan-Nya. Sifat inilah yang ditunjukkan esus dalam bacaan hari ini. Pengampunan itu membuat orang lumpuh berjalan kembali.

Dosa seseorang, seringkali membuat dia menjadi ‘lumpuh’ dalam jiwanya. Ia dihantui perasaan bersalah dan was-was, sehingga ia berusaha menghindari pertemuan dengan orang yang bertikai dengannya atau dihantui perasaan menyesal dan tidak nyaman.

Dibutuhkan hati yang bebas lepas dari segala rasa sesal atau was-was bila kita ingin menapaki hidup dengan semangat dan penuh sukacita. Dan Yesus memenuhi kebutuhan ini dengan mengampuni dosa kita terlebih dahulu.

Apakah kita sebagai murid-murid-Nya juga rela memaafkan kesalahan sesama terhadap kita? Bisakah kita membebaskan sesama dari segala tuntutan menyesali diri agar dia dapat tersenyum lepas dan bebas, melanjutkan hidup dengan penuh harapan, membuka lembaran baru yang bersih, serta siap diisi dengan kegiatan-kegiatan positif dan membahagiakan sesamanya?

Mari kita meneladani Yesus dengan mengampuni orang-orang terdekat kita, agar mereka bebas berkarya bagi Kerajaan Allah pula.

Doa :

Ya Yesus, ajarilah kami untuk rela mengampuni orang yang menyakiti kami, karena kami ingin membebaskannya dari rasa sesal dan menghukum diri supaya ia pun bebas menikmati kasih Tuhan. Amin (LK)