Jangan Takut Dan Gentar

Renungan Sabtu 23 Januari 2021, Hari Biasa

Bacaan: Ibr. 9:2-3,11-14; Mzm. 47:2-3,6-7,8-9; Mrk. 3:20-21.

Waktu kaum keluarga-Nya mendengar hal itu, mereka datang hendak mengambil Dia, sebab kata mereka Ia tidak waras lagi. (Markus 3:21)

Shalom saudara terkasih dalam Kristus,

Injil hari ini mengajarkan pada kita bahwa perbuatan baik tidak selamanya menuai pujian dan penerimaan. Malah ada kalanya yang terjadi adalah sebaliknya. Perbuatan baik menimbulkan perbantahan, kecurigaan, kecemburuan atau kebencian dari siapa saja termasuk dari orang terdekat sekalipun atau keluarga.

Hal ini dialami oleh Yesus, banyak orang kagum akan perbuatan-Nya yang penuh kasih dan tanpa pamrih sampai sampai untuk makan pun tidak ada waktu tetapi ada pula yang mencibir dan menganggap-Nya tidak waras. Hal ini sering terjadi dalam hidup kita ketika perbuatan baik dan tulus yang kita lakukan mendapat kritikan, ejekan atau apapun yang negatif. Kita mau belajar dari teladan hidup Yesus yang melakukan karya-Nya karena taat pada perintah Bapa dan dilandasi dengan belas kasih bukan mencari pujian manusia.

Saat pandemi sekarang ini, di mana situasi dan kondisi negara kita sangat memprihatinkan disertai bencana alam yang timbul di mana-mana. Kita ditantang untuk melakukan tindakan konkret sebagai wujud dari semangat kasih dan berbagi.

Semoga melalui teladan Yesus kita semakin dikuatkan untuk menjadi pelaku firman dengan tidak takut dan gentar. Tuhan memberkati.

Doa

Ya Bapa, di tengah-tengah zaman penuh tantangan berat ini, tabahkanlah dan semangatilah aku untuk selalu berbuat kebaikan seperti Yesus Putra-Mu. Berilah kami senantiasa rahmat-Mu untuk tidak pernah takut ataupun gentar menjadi pewarta kabar sukacita di tengah situasi dunia saat ini, karena Engkaulah sumber kekuatan kami kini dan sepanjang masa. Amin. (MIP)