Datanglah kepada Yesus

Renungan Sabtu 16 Januari 2021

Bacaan: Ibr. 4:12-16; Mzm 19:8,9,10,15; Mrk.2:13-17

Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya. (Ibr. 4:16)

Shalom, sahabat terkasih di dalam Kristus. Salam sehat dan sukacita senantiasa.

Suatu sukacita akan dirasakan terlebih pada orang-orang yang berhasil menyelesaikan masalahnya. Kedua anak saya baru saja menyelesaikan kuliah daringnya untuk semester lalu. Mereka masih belum terbiasa dengan kuliah daring, meskipun sudah dijalani selama dua semester. Anak yang sulung semester lima, anak kedua semester tiga. Ujian Akhir Semester pun amat sulit pelaksanaannya, karena para dosen juga masih mencari bentuk ujian daring yang tepat. Beberapa hari yang lalu, nilai Indeks Prestasi sudah keluar, hasilnya lumayan, walaupun tidak seperti yang diharapkan. Mereka berdua tetap sukacita, sudah berhasil melalui semester daring yang cukup sulit dengan nilai lumayan. Seorang rekan kerja saya dinyatakan positif Covid-19 sekitar tiga minggu yang lalu. Setelah melalui perjuangan yang melelahkan selama dua minggu, akhirnya hasil tes sudah negatif, sukacita sekali, langsung kembali bekerja dengan penuh semangat.

Sahabat terkasih, semua orang perlu mengalami sukacita. Pandemi belum berakhir, namun jangan sampai hal ini merenggut sukacita kita. Lalu bagaimana caranya mendapatkan kembali sukacita yang rasanya makin sulit ditemukan di tengah pandemi ini?

Jawabannya adalah menghadirkan Tuhan Yesus di dalam hidupmu. Hadirkan Tuhan di dalam penderitaanmu, hadirkan Tuhan di dalam pekerjaanmu, hadirkan Tuhan di dalam keluargamu, di dalam kuliahmu, di dalam sakitmu, di dalam seluruh kehidupanmu.

Apakah Tuhan mau hadir bagi aku yang pendosa ini? Sangat mau!

Sahabat, Injil hari ini bercerita tentang Yesus yang makan bersama Lewi si pemungut cukai dan teman-temannya. Mereka dipandang sebagai orang berdosa oleh para ahli Taurat dan orang Farisi. Bagi Yesus, orang-orang ini adalah orang sakit yang perlu dokter, orang-orang yang perlu dibebaskan dari beban hidup yang menghimpit mereka. Lihatlah, orang yang berdosa dicari oleh Tuhan Yesus untuk dipulihkan: Markus 2:17 Yesus mendengarnya dan berkata kepada mereka:” Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit; Aku datang bukan untuk memanggil orang benar melainkan orang berdosa.”

Sahabat, apakah kita ini orang-orang berdosa? Ya, kita ini pendosa. Mari datang kepada Yesus, hadirkan Yesus dalam hidupmu. Seperti para pemungut cukai mengalami sukacita karena masalah mereka yaitu dosa-dosanya sudah diampuni. Jangan ragu untuk datang kepada Yesus (Ibrani 4:16). Sekali lagi, jangan ragu datang kepada Yesus.

Tetap aman, tetap sehat, tetap tinggal di dalam Tuhan Yesus. Terus berdoa bagi mereka yang berpulang karena Covid 19.

Tuhan Yesus memberkati kita semua. (BVJSW)