Rencana Allah

Renungan Kamis 17 Desember 2020 Hari Biasa Khusus Adven

Bacaan: Kej. 49:2,8-10; Mzm. 72:1-2,3-4ab,7-8,17; Mat. 1:1-17.

Jadi seluruhnya ada: empat belas keturunan dari Abraham sampai Daud, empat belas keturunan dari Daud sampai pembuangan ke Babel, dan empat belas keturunan dari pembuangan ke Babel sampai Kristus. (Matius 1:17)

Injil hari ini menceritakan mengenai silsilah Yesus Kristus dimulai dari Abraham dan Daud di mana kepada mereka Allah telah menjanjikan bahwa keturunan mereka akan membawa berkat kepada banyak orang.

Dari cerita Abraham kita dapat belajar mengenai iman, bagaimana dia percaya akan janji Tuhan bahwa dia akan mempunyai keturunan sebanyak bintang di langit walapun saat itu dia dalam keadaan belum mempunyai anak di usianya yang sudah cukup lanjut. Kemudian kepada Daud, Allah menjanjikan bahwa dari keturunannya akan lahir seorang Raja yang memerintah, besar kuasa-Nya dan kerajaaan-Nya yang tidak akan berkesudahan. Dari hal tersebut kita dapat melihat bawah Allah sudah merencanakan dari awal mula dan janji-Nya tidak pernah berubah kepada orang yang setia kepada-Nya.

Saudara-saudara terkasih, bagaimanakah dengan kita sekalian saat ini, apakah kadang masih ada saat di mana kita meragukan cinta kasih Allah dan janji-janji-Nya? Atau kita tetap setia mengikuti Dia dan percaya dalam keadaan sesulit apapun Dia akan berikan penyertaan dan jalan keluar yang terbaik. Mari coba kita renungkan bersama-sama, tak lama lagi tahun ini akan berakhir dan kita semua tahu bahwa tahun ini bukanlah tahun yang mudah untuk dilalui oleh sebagian besar dari kita. Banyak yang jatuh secara ekonomi, kehilangan pekerjaan bahkan kehilangan teman ataupun anggota keluarganya karena pandemi ini. Tetapi ingatlah akan janji Tuhan bahwa Dia akan selalu menyertai kita dalam keadaan sesulit apapun, Dia punya rencana yang terbaik untuk masing-masing dari kita semua yang berharap kepada-Nya.

Tetaplah setia pada-Nya dan selalu bersyukur atas hal-hal baik yang diberikan kepada kita selama tahun yang akan berlalu ini, saya percaya bahwa ketika kita melihat kembali, pasti ada banyak kejadian di mana Tuhan menolong dan menyertai kita semua. Tetaplah terus berdoa dan berelasi dengan-Nya pasti kita akan dapat melihat rencana-Nya yang terbaik.

Doa

Allah Bapa yang Mahakuasa kami percaya bahwa Engkau sendiri yang selalu berjalan menuntun kami dalam setiap perjalanan hidup kami. Rencana-Mu adalah yang terbaik dalam kehidupan kami dan kami sungguh bersyukur hingga saat ini Engkau tak pernah tinggalkan kami. Berikanlah kami hikmat supaya kami selalu dapat melihat penyertaan-Mu dalam setiap langkah hidup kami ini dan dalam keadaan apapun kami selalu dapat setia dan berharap hanya kepada-Mu. Amin. (MAR)