Jangan Takut

Renungan Kamis 10 Desember 2020

Bacaan: Yes. 41:13-20Mzm. 145:9,10-11,12-13abMat. 11:11-15

“Aku ini Tuhan, Allahmu. Aku memegang tangan kananmu dan berkata kepadamu, “Jangan takut, Akulah yang menolong engkau” (Yes 41:13)

Dalam masa pandemi corona ini, begitu banyak cerita teman-teman yang mengalami kesulitan dan kesusahan, baik itu mengenai pekerjaan, keluarga hingga kehilangan orang yang dikasihi.

Namun berulang kali saya mendengarkan berbagai sharing tersebut dan juga pengalaman dalam hidup saya sendiri, Tuhan selalu memberi jalan keluar ketika kita berseru dan mengandalkan Dia.

Seperti bacaan hari ini, Tuhan mengingatkan kita semua untuk tidak takut karena Dia mengetahui apapun yang dialami umat-Nya. Di dalam Amsal dikatakan mata Tuhan menjelajah seluruh bumi untuk melimpahkan kekuatan-Nya kepada mereka yang bersungguh hati terhadap Dia.

Di dalam Injil pun, Yesus melakukan berbagai perbuatan ajaib. Saat Yesus tertidur di perahu di danau Galilea bersama murid-murid-Nya terjadi badai yang dahsyat sehingga murid-murid menjadi ketakutan tetapi Yesus memerintahkan untuk diam dan tenanglah, maka badai itu segera reda, alam pun tunduk kepada Yesus.

Demikian juga apabila saat ini kita dalam suatu pergumulan apapun serahkanlah kepada Tuhan Yesus Kristus, Sang Pemegang semua kendali di bumi maupun di surga. Sehingga kita tidak perlu tertekan apalagi putus harapan dalam menghadapi sakit penyakit, pandemi COVID-19 yang kita tidak tahu kapan berakhir, pekerjaan yang masih sepi dan berbagai bentuk masalah. Kita mempunyai Tuhan yang selalu memegang tangan kanan kita dan menolong tepat pada waktunya.

Doa:

Tuhan Yesus kami mengucap syukur karena kami mempunyai Allah seperti Engkau, yang begitu mengasihi kami. Ajar kami untuk bersabar, tetap percaya dan terus bergantung hanya kepada-Mu saja serta menjadi semakin peka akan penyertaan-Mu dalam perjalanan hidup kami di dunia ini melalui sabda dan ekaristi yang memberi kekuatan baru sehingga kami dapat hidup dengan damai dan tenang. Amin. (IMH)