Berkat Tuhan Bagi Semua

Renungan Sabtu 19 Desember 2020 – Hari Biasa Khusus Adven

Bacaan: Hak. 13:2-7,24-25a; Mzm. 71:3-4a,5-6ab,16-17; Luk. 1:5-25.

Engkau akan bersukacita dan bergembira, bahkan banyak orang akan bersukacita atas kelahirannya itu. (Lukas 1:14)

Tuhan Allah kita adalah Allah yang maha kasih. Bila membuat mukjizat selalu bukan melulu bagi orang itu sendiri, melainkan juga bisa berimbas bagi banyak orang. Maka keselamatan bukan hanya bagi satu orang saja, bukan bagi satu bangsa satu saja, melainkan bagi seluruh semua bangsa di dunia ini.

Ciri-ciri sifat Tuhan ini hendaknya kita pahami, karena Tuhan Sang Firman sendiri menyatakan bahwa hal terutama apabila ingin mengikuti Tuhan adalah menyangkal diri sendiri, mengosongkan diri dan menjadi hamba. Tuhan tidak berkenan pada orang yang egois, karena orang ini hanya mengikuti keinginan dirinya sendiri, hanya mengandalkan kekuatan manusianya, mudah terjerumus dalam kesombongan.

Bacaan hari ini berguna bagi kita dalam mempersiapkan kedatangan Tuhan pada saat Natal nanti, agar kita mempersiapkan hati kita, dengan pertobatan. Hati kita yang masih banyak keinginan-keinginan yang kotor, yang tidak pantas, yang sering disebut “BONGKIBULGERIMAMA” (sombong, kikir, cabul, gelojoh, iri, marah, malas) hendaknya dimohonkan kepada Tuhan, supaya hati kita bersih dan terbuka sehingga Tuhan berkenan masuk bersemayam di dalam hati kita, dengan demikian maka kita boleh memperoleh damai sejahtera Natal.

Hari ini penutupan minggu Gaudete, bersukacitalah dalam bertobat, kosongkanlah diri kita, lepaskan sifat egois diri, berikan dirimu berbagi kepada banyak orang dalam kasih dan berkat, agar kehadiran Tuhan menjadi nyata, sehingga banyak orang memuji dan memuliakan nama Tuhan Yesus Sang Juru Selamat semua umat manusia.

DOA

Ya Tuhan Yesus, berilah kami Rahmat-Mu, agar kami berani menyangkal diri, memanggul salib dan terus setia mengikuti-Mu di sepanjang jalan hidup kami sampai kami mencapai kehidupan kekal bersama-Mu, sekarang dan selama-lamanya. Amin. (VD)