Sudahkah Berubah?

Renungan Kamis 15 Oktober 2020, PW Santa Teresia dari Yesus, Perawan dan Pujangga Gereja

Bacaan: Ef. 1:1-10Mzm. 98:1,2-3ab,3cd-4,5-6Luk. 11:47-54

Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat, sebab kamu telah mengambil kunci pengetahuan; kamu sendiri tidak masuk ke dalam dan orang yang berusaha untuk masuk ke dalam kamu halang-halangi. ( Lukas 11:52)

Dalam bacaan hari ini kita melihat bagaimana Tuhan Yesus mengkritik apa yang dilakukan orang-orang Farisi dan ahli Taurat, mereka mendapat anugerah pengetahuan iman tapi seringkali menghalangi orang lain untuk masuk ke dalamnya. Seakan-akan hal itu hanya menjadi hak istimewa bagi kelompoknya.

Kita sering kali begitu mudah untuk mencari kesalahan orang lain tetapi tidak melihat kesalahan diri sendiri. Apalagi sampai kita menghakimi orang lain karena perbuatannya. Ini jelas tidak dikehendaki oleh Yesus.

Kita seringkali merasa apa yang kita lakukan sudah benar, tidak mempedulikan orang lain, mementingkan diri sendiri atau kelompok kita sendiri,  rajin memberikan nasehat kepada orang lain tetapi kita sendiri tidak melakukannya.

Sudahkah kita berubah? Jangan sampai kita menjadi penghalang bagi orang lain untuk bisa berjumpa dengan Tuhan. Kita menjadi penghalang bagi orang lain yang mau mencari kebenaran.

Hari ini kita disadarkan untuk selalu terbuka bagi sapaan Tuhan, supaya setiap orang juga bisa berjumpa dengan Tuhan.

Doa: Ya Tuhan Yesus, kami bersyukur dan berterima kasih atas peringatan-Mu. Semoga kami tidak menjadi seperti orang Farisi yang lebih mementingkan diri sendiri. Kami menyadari kesalahan diri sendiri dan bukalah hati kami untuk menyesali segala dosa dan kesalahan kami.

Ya Bunda Maria, bunda kami. Tolonglah kami dengan senantiasa meneruskan doa dan harapan kami. Kami percaya, melalui engkau, doa kami akan sampai kepada Putera-Mu, Yesus Kristus,Tuhan kami. Amin. (BDH)