Pergilah dan Perbuatlah Demikian

Renungan Senin 5 Oktober 2020

Bacaan: Gal. 1:6-12Mzm. 111:1-2,7-8,9,10cLuk. 10:25-37

Jawab orang itu: “Orang yang telah menunjukkan belas kasihan kepadanya.” Kata Yesus kepadanya: “Pergilah, dan perbuatlah demikian!” (Lukas 10:37)

Shalom Bapak Ibu terkasih.

Tuhan Yesus mengajarkan kepada kita bahwa jalan untuk mencapai keselamatan adalah dengan menaati hukum Tuhan. Prioritas pertama adalah dengan mengasihi Tuhan dan kedua adalah sesama sebagai bukti kasih kita kepada Tuhan. Inilah jaminan yang harus kita upayakan untuk dapat menerimanya.

Pertanyaan ahli Taurat tentang siapakah sesama manusia, seringkali juga menjadi pertanyaan bagi diri kita saat ini. Kita cenderung mempersempit artinya menurut pengertian dan kebutuhan kita. Kita artikan sesama dengan orang yang kita cintai dan mencintai kita, orang yang berbuat baik kepada kita dan yang kita kenal. Maka yang bukan atau tidak saya kenal, yang tidak berbuat baik, orang asing menjadi bukan sesama. Yesus ingin kita melakukan kebaikan dan berbelas kasih tanpa pandang suku, agama, ras, golongan dan lain sebagainya.

Saat ini di mana dampak dari pandemi COVID-19 sangat kita rasakan, mampukah kita menjadi orang Samaria yang baik hati? Yang rela berbagi waktu, perhatian dan materi bagi sesama kita yang membutuhkan. Kita yang diutus Yesus untuk pergi dan berbuat kasih akan memperoleh janji Yesus yaitu memperoleh hidup yang kekal yaitu dengan mengasihi sesama sebagai wujud mengasihi Allah dan membalas kasih-Nya.

Marilah dengan kekuatan Tuhan dan melalui doa-doa Bunda Maria bagi kita, maka kita dapat menjadi “Orang Samaria” di zaman modern ini.

Doa: Berkatilah kami ya Tuhan, agar dari hari ke hari kami boleh menjadi  seperti orang Samaria yang baik hati dalam menolong sesama kami. Bukan sebatas kata, tapi melalui tindakan nyata. Bantulah kami, agar kami dapat pergi dan berbuat seperti yang Engkau kehendaki. Karena Engkaulah Tuhan dan juru selamat kami kini dan sepanjang masa. Amin. (IP)