Penyertaan Roh Kudus

Renungan Sabtu 17 Oktober 2020, Peringatan Wajib St. Ignatius dari Antiokhia

Bacaan: Ef. 1:15-23Mzm. 8:2-3a,4-5,6-7Luk. 12:8-12

Sebab pada saat itu juga Roh Kudus akan mengajarkan kepadamu apa yang harus kamu katakan. (Lukas 12:12)

Dahulu saya hanya mengetahui Yesus itu adalah Tuhan dan Allah yang baik, hanya sekedar ada dalam pengetahuan dan pikiran saya saja. Kemudian dengan berjalannya waktu, Roh Kudus pelahan membuka hati dan pikiran saya untuk mengenal Dia lebih dalam lagi melalui pergumulan, masalah dan tantangan dalam kehidupan saya setelah dewasa.

Di dalam pelayanan, ketika saya bertugas mengajar atau membawa renungan dalam komunitas, saya sering merasa kuatir kalau saya nanti ada yang lupa menyampaikan atau tidak dimengerti oleh pendengar, sehingga hal ini menjadi beban bagi saya dalam menjalani dan menerima tugas. Lalu saya berdoa kepada Roh Kudus bahwa saya akan menyiapkan segala sesuatunya dengan mempelajari materi dengan baik namun sisanya biarlah Roh Kudus sendiri yang menaruh segala perkataan untuk disampaikan kepada peserta/pendengar. Biarlah Roh Kudus sendiri yang akan mengajar peserta yang hadir saat itu.

Dan ketika hari ‘H’ mengajar atau memberi renungan tiba, saya merasakan ketenangan, tidak kuatir yang berlebihan dan saya merasa Roh Kudus menaruh segala perkataan untuk mengajar dengan lancar dan ada sukacita dalam hati setelah selesai pelayanan. Hal ini selalu saya alami sehingga saya merasa Tuhan sangat nyata hadir dan menyatakan diri-Nya, bahwa ini Dia menyertai saya selalu.

Demikian juga ketika saya dipanggil untuk didengar keterangannya sebagai saksi atas suatu perkara perusahaan di mana saya bekerja. Dalam hidup ini saya berusaha untuk hidup dalam kebenaran agar tidak tersandung masalah atau kasus. Namun ternyata saya harus menghadiri pemeriksaan karena kasus orang lain untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan oleh penyidik.

Kembali saya berdoa memohon pimpinan Roh Kudus agar menaruh segala perkataan di dalam lidah bibir mulut saya, sehingga dapat menjawab dengan hikmat dalam tuntunan Allah Roh Kudus. Dan saat pemeriksaan itu kembali penyertaan Tuhan nyata, di mana bapak penyidik yang memeriksa adalah orang-orang yang baik sehingga pertanyaannya tidak mengintimidasi dan cepat selesai. Hati ini begitu lega. Saya tahu hal ini oleh karena Roh Kudus bekerja dengan menyertai orang yang mengandalkan-Nya.

Maka saya semakin mengalami kasih dan kuasa-Nya yang begitu nyata bahkan lebih nyata dari keluarga saya yang dapat saya lihat . Dia yang tak dibatasi oleh apapun selalu ada, pertolongan-Nya selalu tepat pada waktunya, penyertaan-Nya sungguh sempurna dalam suka dan duka, penghiburan dan kekuatan-Nya nyata hadir dalam segala situasi.

Doa: Bapa kami sungguh bersyukur atas kasih dan kuasa-Mu yang selalu ada bagi kami melalui Roh Kudus yang Kau berikan kepada kami untuk menolong, menghibur dan mengajar kami dalam segala hal, oleh karena Yesus Kristus Putra-Mu yang adalah Tuhan dan pengantara kami. Amin. (IMH)