Malaikat Pelindung

Renungan Jumat 2 Oktober 2020, PW Para Malaikat Pelindung

Bacaan: Kel. 23:20-23aMzm. 91:1-2,3-4,5-6,10-11Mat. 18:1-5,10

Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga. (Matius 18:10)

Pada peringatan wajib Para Malaikat Pelindung ini, Allah mengingatkan kita bahwa Allah selalu bersama, menyertai dan membimbing kita. Salah satu wujud penyertaan-Nya adalah melalui Malaikat Pelindung kita masing-masing.

Pada bacaan pertama, Allah berfirman: “Sungguh Aku mengutus malaikat berjalan di depanmu untuk melindungi engkau di jalan dan untuk membawa engkau ke tempat yang telah Kusediakan.” Dari ayat ini kita dapat melihat dan merasakan bahwa Allah sangat mencintai kita, dengan mengutus Malaikat Pelindung untuk umat-Nya.

Setelah kita membaca bacaan pertama ini seharusnya kita tidak lagi merasa kesepian, sendirian, sedih. Karena sekarang kita yakin bahwa ada Malaikat Pelindung yang akan siap menemani dan menghibur kita kapan pun. Saat kita merasa sedih, terpuruk, banyak masalah dan tak ada satu pun orang yang dapat mengerti, sering kali kita mengeluh dan bahkan menyalahkan Allah atas persoalan yang kita hadapi. Tetapi ingat dalam bacaan pertama ini kita diingatkan bahwa Allah memberi kita masalah dan banyak persoalan itu supaya ketika kita berada di posisi tersebut kita dapat merasakan bahwa ada Allah yang menemani melalui Malaikat Pelindung yang selalu bersama kita, dan tidak pernah meninggalkan kita, bahkan selalu menghibur dan memberi kedamaian dalam hati kita.

Dalam Injilnya Tuhan Yesus menegaskan lagi bahwa Malaikat mereka ada di surga dan selalu memandang wajah Bapa yang di surga. Dari sini jelas bahwa Allah selalu menyertai kita, untuk itu jangan pernah menyerah dan putus asa, selalu mewartakan Injil di mana pun dan kapan pun. Sebab Allah selalu beserta kita.

Tuhan Yesus, terima kasih atas penyertaan-Mu. Berilah kami kekuatan dan keberanian untuk selalu mewartakan Sabda-Mu. Amin. (FXG)