Kewaspadaan Adalah Penjaga Hati

Renungan Selasa 20 Oktober 2020 Hari Biasa, Pekan Biasa XXIX

Bacaan: Ef. 2:12-22; Mzm. 85:9ab-10,11-12,13-14; Luk. 12:35-38.

”Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya sedang berjaga ketika ia datang.” (Lukas 12:37a)

Pada masa wabah Covid-19 ini di mana semua kegiatan menjadi terbatas, ada hal yang saya rasakan positif yaitu waktu berkumpul bersama keluarga menjadi lebih banyak. Tetapi juga ada negatif nya yaitu keenakan berdiam diri di rumah, semangat pelayanan menjadi kendor. Memang masih ada kegiatan sel ‘online’ dan pengajaran ‘online’ yang bisa saya ikuti, tetapi karena dilakukan di rumah jadi tidak bisa terlalu fokus.

Sampai kemarin diajak seorang teman untuk menjadi guru pendamping kelas ME ‘online’ yang sekarang sedang berlangsung. Cukup mengejutkan karena selama ini kami hampir tidak pernah kontak, dan saya jarang muncul di komunitas SEP Surabaya. Dari pengalaman ini, saya berefleksi diri bahwa Tuhan mengerti bahwa saat ini saya sedang terlena oleh keadaan.

Tuhan menghendaki supaya saya siap siaga terus, masa pandemi jangan sampai membuat kehilangan semangat untuk terus belajar mengerti kehendak-Nya  dan melayani sesama. Kesiap-siagaan ini saya maknai sebagai sebuah kesadaran untuk mengolah diri terus menerus dalam semangat kebijaksanaan dan kerendahan hati. Dan saya juga disadarkan kembali betapa pentingnya persekutuan Kristiani karena melalui persekutuan ini kita berjuang bersama, saling mendukung untuk tetap setia menjalankan tugas, saling mengingatkan untuk berjaga-jaga bersama menyambut kedatangan Tuhan yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Doa

Tuhan terimakasih atas teman-teman yang Engkau berikan, teman-teman yang baik dan saling memperhatikan disaat aku sedang tidak bersemangat. Sungguh aku membutuhkan teman untuk berjaga-jaga karena bila kujalani seorang diri akan mustahil bagiku untuk dapat bertahan. Ampuni sikap egoku dan aku berjanji dengan pertolongan rahmat-Mu hendak memperbaiki sikap hidupku, sebab Engkaulah sumber kekuatanku untuk selama-lamanya. Amin (MVLD)