Hanya Dua Pilihan

Renungan 9 Oktober 2020

Bacaan: Gal. 3:7-14; Mzm. 111:1-2,3-4,5-6; Luk. 11:15-26.

“Siapa tidak bersama Aku, ia melawan Aku…” (Lukas 11:23a)

Perikop hari ini sangat menarik, di mana para iblis yang masuk melalui hati orang-orang Yahudi tidak percaya menemui jalan buntu untuk melawan-Nya, sehingga timbul fitnah tentang kuasa Beelzebul.

Hal ini berkait erat dengan kehidupan saat ini di mana pandemi belum menunjukkan ujung akhirnya, dan segala kegiatan kita berubah berbalik arah. Hanya ada 2 pilihan saat ini, bersama Yesus, atau melawan-Nya, tidak mungkin bersikap netral dan membiarkan kondisi seolah akan berlalu begitu saja, karena iblis mengaum di luar sana, seperti singa kelaparan yang siap menerkam hidup dengan berbagai wujud daya pikat di tengah ketidakpastian dan putus asa.

Sekarang kita sedang dalam konflik rohani antara Kerajaan Kristus dan kuasa kejahatan. Dan Kalimat Yesus sungguh jelas: mereka yang tidak, bersama Kristus, melawan iblis dan kejahatan, sebenarnya telah menentang Yesus Kristus. Setiap orang sedang bertarung, kalau tidak pada pihak Kristus dan kebenaran, tentu pada pihak iblis dan orang fasik.

Yesus mengajak kita semua untuk merapatkan barisan, mulai dari keluarga dan gereja dengan berbagai kekayaan kategorialnya, sehingga tidak mudah terpecah melainkan bersatu dalam iman, harapan dan kasih. Karena seperti kata-Nya “Setiap kerajaan yang terpecah-pecah pasti binasa” (Luk 11:17). Dan jika kita tidak tegas dalam iman percaya kepada-Nya, hidup kita menjadi tidak lebih baik daripada sebelumnya seperti yang Yesus katakan: “Apabila roh jahat keluar dari manusia, iapun mengembara ke tempat-tempat yang tandus mencari perhentian, dan karena ia tidak mendapatnya, ia berkata: Aku akan kembali ke rumah yang telah kutinggalkan itu.” (Luk 11:24).

Maka tetaplah BERSAMA YESUS, sebab kekuatan dan kuasa-Nya lebih besar dari kuasa apapun. Itulah kuasa Allah, senjata terampuh yang harus kita miliki. Ketika kita bersama dan bersatu dengan-Nya, kuasa si jahat takkan menguasai hidup kita. Sebab kekuatan yang kita miliki berasal dari-Nya, dan untuk selalu hidup bersama dengan-Nya berarti setiap saat kita berlaku, berpola, dan bertingkah seperti Dia. Hal ini dikuatkan melalui bacaan pertama hari ini “Orang yang benar akan hidup oleh iman.” (Gal 3:11).

Miliki Sang Iman, dan tinggallah bersama-Nya yang menjamin hidup kita!

Marilah berdoa

Ya Tuhan dan Allahku, tinggallah bersamaku, dan jadilah senjata dalam hidupku untuk melawan semua kuasa kejahatan. Amin (amdg, vmg)