Dia Yang Dari Surga

Renungan Senin 14 September 2020, Pesta Salib Suci

Bacaan: Bil. 21:4-9Mzm. 78:1-2,34-35,36-37,38Flp. 2:6-11Yoh. 3:13-17

Tidak ada seorang pun yang telah naik ke surga, selain dari pada Dia yang telah turun dari surga, yaitu Anak Manusia. (Yohanes 3:13)

Waktu masih di bangku kuliah, seorang teman pernah bertanya kepada saya, “Seandainya saat ini tiba-tiba ada yang mengaku sebagai Tuhan Yesus Kristus, apa responsmu?”

Saya menjawab, “Aku akan bertanya padanya, ‘Kalau kamu benar Tuhan Yesus maka ajak aku sekarang juga ke surga’, cuma itu cara sederhana untuk membuktikannya.”

Teman saya diam saja. Rupanya dia tidak menyangka respons saya akan demikian. Waktu itu saya memang hanya seorang simpatisan Katolik yang baru saja mengikuti pelajaran agama Katolik di kampus. Jadi saya belum memahami sedikit pun tentang kekristenan. Tujuan hidup saya adalah masuk surga. Tidak peduli Tuhan, nabi, atau orang biasa, asalkan dia bisa membawa saya ke surga maka saya akan percaya bahwa dialah Tuhan yang sejati.

Ternyata hanya Yesuslah satu-satunya yang berani mengaku turun dari surga. Sedangkan yang lainnya hanya menjanjikan surga. Bahkan dirinya sendiri tidak jelas sudah sampai ke surga atau malah tersesat ke neraka.

Saya sudah menjadi Katolik belum sampai 30  tahun. Namun saya sangat bersyukur diberi rahmat untuk mengikuti dan mempercayai “Dia yang Telah Turun dari Surga”.

Hidup ini hanya sekali. Ikutilah Dia yang pernah ke surga bukan yang hanya menjanjikan surga. (LNG)