Berbuah

Renungan Sabtu 12 September 2020 Hari Biasa, Pekan Biasa XXIII

Bacaan1: 1Kor:10:14-22a; Mzm. 116:12-13.17-18; Luk 6:43-49

Sebab setiap pohon dikenal pada buahnya. Karena dari semak duri orang tidak memetik buah ara dan dari duri-duri tidak memetik buah anggur. (Lukas 6:44)

Tuhan ingin kita yang percaya kepada-Nya, mendengarkan sabda-Nya serta melakukannya.

Firman Tuhan pertama-tama didengarkan atau dibaca kemudian dilakukan dengan baik dengan pengertian yang benar, bukan asal percaya, tetapi  hendaknya juga dipahami dengan baik dalam terang Roh Kudus. Maka pedang bermata dua ini akan menebas segala semak duri serta ikatan-ikatan dalam diri kita, membebaskan, mengubah dan membarui hidup kita. Dia juga akan menjadi penggerak bagi tangan serta langkah kaki kita bagi Kerajaan Allah.

Maka sungguh tepat sekali bila dalam sepanjang bulan September ini, gereja mengajak umat beriman untuk semakin mencintai dan mendalami sabda Tuhan dalam keluarga-keluarga.

Di tengah situasi prihatin pada masa pandemi ini, gereja berharap keluarga-keluarga boleh semakin berbuah dalam iman oleh pembacaan dan pemahaman sabda Tuhan, sehingga mampu bersama-sama melewati masa-masa sulit ini dengan penuh kasih dan solidaritas, tetap berdiri dengan kokoh menuju hari esok yang penuh pengharapan di dalam Tuhan.

Berkat dan kasih Tuhan menyertai kita semua. (JTI)