Apa Motivasi Saya?

Renungan Kamis 24 September 2020 Hari Biasa

Bacaan: Pkh. 1:2-11; Mzm. 90:3-4,5-6,12-13,14,17; Luk. 9:7-9.

Tetapi Herodes berkata: “… Siapa gerangan Dia ini, yang kabarnya melakukan hal-hal demikian?” Lalu ia berusaha supaya dapat bertemu dengan Yesus. (Lukas 9:9)

Apa yang membedakan saya dengan Raja Herodes?

Dalam bacaan Injil hari ini, kita membaca bahwa raja Herodes ingin bertemu dengan Yesus. Kita pun sebagai murid Yesus, ingin selalu bertemu dengan Yesus, melalui doa-doa kita setiap hari, melalui saat teduh, melalui renungan bacaan Kitab Suci. Melalui cara-cara demikian, kita menemui Yesus. Raja Herodes ingin bertemu dengan Yesus.

Kita mengetahui hal ini dari bacaan Injil hari ini. Raja Herodes bertanya-tanya siapa gerangan Yesus. Tetapi mungkin raja Herodes juga teringat tentang apa yang diperbuat ayahnya, raja Herodes Agung yang membunuh semua bayi saat mendengar kelahiran Tuhan Yesus yang adalah Mesias yang ditunggu-tunggu. Raja Herodes ingin tahu tentang Tuhan Yesus. Sama seperti kita yang ingin tahu lebih dalam tentang siapa Tuhan Yesus

Refleksi diri

Apakah motivasi saya, ketika saya ingin bertemu dengan Tuhan Yesus? Apakah saya datang pada Tuhan, karena suatu kebutuhan, mungkin karena keadaan hidup saya atau karena saya cemas dan takut dalam hidup ataukah saya datang pada Tuhan bukan karena keingingan duniawi, tetapi saya datang pada Yesus karena ingin mengenal Yesus lebih dalam lagi. Saya ingin tahu siapa Tuhan Yesus yang memberikan damai dan sukacita buat saya

Apakah buah dari keinginan saya bertemu dengan Tuhan Yesus?

Apakah ketika saya bertemu dengan Tuhan Yesus, saya berubah menjadi lebih baik?

Apakah ketika saya bertemu dengan Tuhan Yesus mengalami damai sejahtera, sukacita dan ketenangan ?

Ataukah saya mengalami ketakutan, kekhawatiran, kecemasan, kegelisahan seperti yang dialami oleh raja Herodes?

Doa

Ya Allah Bapa yang Maha Pengasih, kami mengucap syukur untuk segala perbuatan yang Tuhan Yesus lakukan untuk kami. Kami ingin mencari Tuhan Yesus lebih dan lebih lagi. Utuslah Roh Kudus-Mu agar dapat memurnikan motivasi-motivasi kami yang ingin bertemu dengan Tuhan Yesus. Jauhkanlah kami dari segala kegelisahan, ketakutan dan kekhawatiran. Biarlah motivasi kami untuk datang pada Tuhan Yesus memberikan sukacita, rasa bersyukur dan damai sejahtera, sehingga kami dapat mengikuti Yesus sampai pada akhirnya, kami bisa bertemu kembali dengan Tuhan Yesus saat Dia datang kembali. Amin.

Kasih karunia Tuhan Yesus menyertai kita. GBU (VRE).