Allah Peduli

Renungan Minggu 6 September 2020, Hari Minggu Biasa XXIII, Hari Minggu Kitab Suci Nasional

Bacaan: Yeh. 33:7-9Mzm. 95:1-2,6-7,8-9Rm. 13:8-10Mat. 18:15-20.

Dan engkau anak manusia, Aku menetapkan engkau menjadi penjaga bagi kaum Israel. Bilamana engkau mendengar sesuatu firman dari pada-Ku, peringatkanlah mereka demi nama-Ku. (Yehezkiel 33:7)

Shalom Saudara-Saudariku yang dikasihi Tuhan Yesus.

Bacaan liturgi hari Minggu ini semakin menyadarkan kita, Allah yang menjadi Bapa Surgawi kita adalah Allah yang peduli akan keselamatan umat manusia. Seperti Yehezkiel yang diangkat menjadi penjaga Israel, bacaan pertama ini secara tidak langsung juga mengingatkan kita untuk peduli akan keselamatan jiwa orang-orang yang ada di sekitar kita. Mengasihi orang lain seperti mengasihi diri sendiri, firman Tuhan di bacaan yang kedua.

Di Injil hari ini, Tuhan mengajarkan, bila ada orang yang hidup dalam dosa, ajak bicara empat mata untuk disadarkan. Jika tetap diabaikan, ajak 2 atau 3 orang, jika tetap diabaikan, sampaikan kepada jemaat. Sungguh Tuhan yang sangat peduli dan penuh kasih, menginginkan pemulihan terjadi. Tetapi jika tetap diabaikan, ada konsekuensi yang akan berdampak bahkan sampai di Surga.

Kuasa telah diberikan kepada kita, agar orang-orang dapat hidup berbahagia dengan Allah, tidak hanya nanti di surga, tetapi sejak di dunia ini mereka sudah dapat mengalaminya.

Marilah dengan penuh sukacita kita menyampaikan Kabar Baik kepada setiap orang yang kita jumpai dalam hidup sehari-hari kita, sehingga mereka mau membuang kekerasan hatinya dan dengan penuh syukur datang sujud menyembah kepada Allah Sang Sumber Hidup, Pencipta kita (Mzm. 95).

Aku yang menyatakan diri sebagai anak Allah, sudahkah memiliki keserupaan dengan Bapa Surgawi, peduli akan keselamatan orang-orang di sekitarku?

Allah akan meminta pertanggungjawaban dari setiap kita, seperti kepada Yehezkiel (Yeh 33:7-9).

Doa:
Allah Bapa di Surga, tolonglah kami melalui Roh Kudus-Mu, agar memiliki kepedulian terhadap keselamatan orang-orang di sekitar kami, dengan membawakan Kabar Baik kepada mereka. Demi Kristus Tuhan kami, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau, dan dalam persekutuan dengan Roh Kudus, kini dan sepanjang segala masa. Amin.

HLTW.