Yesus Nomor Satu

Renungan Jumat 7 Agustus 2020

Bacaan: Nah. 1:15; 2:2; 3:1-3,6-7; MT Ul. 32:35cd-36ab,39abcd,41Mat. 16:24-28

Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.” (Matius 16:24)

Saya pernah melihat sebuah film di mana diceritakan untuk menjadi murid seorang guru yang hebat ternyata tidaklah mudah dan banyak syarat juga latihan-latihan yang berat agar dia berhasil menjadi seperti gurunya. Demikianlah menjadi murid Yesus bukan hanya untuk menerima kasih karunia atau mukjizat dan hidup berkelimpahan, tetapi menjadi murid  Yesus juga ada syaratnya.

Waktu pandemi berlangsung, mungkin kita lebih fokus pada diri kita sendiri dan bahkan bisa kehilangan iman bila keadaan tidak seperti yang kita inginkan. Firman Tuhan hari ini mengingatkan kita untuk mengutamakan Tuhan dalam segala perilaku atau perbuatan hidup kita. Contoh paling sederhana misalnya saat pandemi kita merasa penghasilan kita berkurang banyak, tetapi sebagai murid Yesus, kita harus bisa menjadi sumber berkat bagi orang lain dengan penghiburan, perkataan yang baik dan apa saja yang mungkin Tuhan gerakkan untuk menolong orang lain.

Yesus harus menjadi nomor satu di atas kepentingan kita, barulah kita layak disebut murid Yesus. Dalam setiap pergumulan yang merupakan salib hidup kita masing-masing, kita pun tetap setia kepada Tuhan dan tidak pernah meninggalkan iman kita. (THW)