Kemuliaan Allah

Renungan Kamis 6 Agustus 2020, Pesta Yesus Menampakkan Kemuliaan-Nya

Bacaan: Dan. 7:9-10,13-14Mzm. 97:1-2,5-6,92 Ptr. 1:16-19Mat. 17:1-9

Dan tiba-tiba sedang ia berkata-kata turunlah awan yang terang menaungi mereka dan dari dalam awan itu terdengar suara yang berkata: “Inilah Anak yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan, dengarkanlah Dia.”  (Matius 17:5)

Shalom Saudaraku terkasih dalam Kristus.

Hari ini kita merayakan pesta Yesus menampakkan kemuliaan-Nya. Yesus mengajak ketiga murid-Nya untuk naik ke atas gunung yang tinggi dan di sana hanya ada mereka berempat dan tidak ada seorang pun. Tiba-tiba Yesus berubah rupa di hadapan mereka. Apa yang dialami oleh ketiga murid-Nya itu adalah suatu hal yang luar biasa. Hal ini tampak dari apa yang dikatakan Petrus, “Tuhan betapa bahagianya kami berada di tempat ini.”

Bagaimana kalau kita yang mengalami kejadian seperti yang dialami oleh ketiga murid Yesus? Sudah pasti kita akan mengalami sukacita yang luar biasa. Perubahan Yesus ini adalah pengalaman supranatural di mana sifatnya hanya sesaat, dan bagi orang yang sudah mengalaminya akan kembali ke realita kehidupan.

Pasti ada alasan mengapa Yesus tiba-tiba melakukan hal tersebut, karena Yesus tahu saat-saat diri-Nya untuk menderita sudah dekat dan hal ini sudah pernah disampaikan kepada murid-Nya. Tuhan ingin memberikan kekuatan kepada murid-Nya, sama seperti saat ini Tuhan juga bisa menampakkan kemuliaan-Nya melalui orang di sekitar kita.

Saudara terkasih, kita tahu saat ini kita masih dalam kondisi yang tidak menentu, banyak orang kristiani yang mengalami krisis iman. Kondisi yang tidak menentu membuat banyak orang bertanya mengapa Tuhan sepertinya diam saja; di mana pertolongan Tuhan yang mereka nanti-nantikan.

Melalui bacaan Injil ini kita diingatkan kembali agar jangan pernah memadamkan roh, untuk terus hidup setia kepada Yesus. Masalah boleh tetap ada tetapi pertolongan dan penyertaan Tuhan selalu ada bagi kita yang terus berharap kepada-Nya.

Tuhan Yesus memberkati. (SNT)