Jangan Ragu

Renungan Senin, 24 Agustus 2020, Pesta Santo Bartolomeus Rasul

Bacaan: Why. 21:9b-14Mzm. 145:10-11,12-13ab,17-18Yoh. 1:45-51

Kata Natanael kepadanya: “Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?” (Yohanes 1:46)

Ketika mendengar cerita mengenai seseorang terkadang kita meragukan apa yang kita dengar sebelum kita berjumpa dan mendengarnya secara langsung dari orang yang diceritakan tersebut.

Dalam Injil hari ini dikisahkan Filipus bertemu dengan Natanael yang menceritakan bahwa dia telah bertemu dengan Yesus dengan berkata: “Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret.” Kemudian Natanael mengatakan: “Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?” Pertanyaan Natanael ini menunjukkan keraguannya. Namun demikian ia tetap mengikuti ajakan Filipus untuk menemui Yesus. Pengenalan Yesus tentang dirinya membuat Natanael kagum kepada Yesus. Perjumpaan langsung dengan Yesus dan kata-kata Yesus: “Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!” mengubah keraguan Natanael menjadi kepastian dan mengikuti Yesus. Bahkan Yesus menjanjikan hal-hal yang lebih besar akan disaksikan oleh Natanael.

Inilah janji Tuhan yang diberikan kepada setiap orang yang tidak meragukan Tuhan tetapi percaya dengan sepenuh hati, dan semangat mengikuti Yesus. Mau merenungkan dan melaksanakan firman-Nya, maka kita akan melihat hal-hal besar dari apa yang telah kita imani seperti yang dikatakan Yesus sendiri: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia.”

Doa: Allah Bapa di sorga, berilah kami rahmat-Mu agar mempunyai semangat untuk terus bertekun dalam iman dengan merenungkan dan melaksanakan firman-Mu sehingga kami boleh menerima anugerah-Mu yang lebih besar dalam hidup kami. Amin. (KLC)