Bertobat Dan Jadilah Seperti Anak Kecil

Renungan Selasa 11 Agustus 2020 Hari Biasa, Pekan Biasa XIX

Bacaan: Yeh. 2:8-3:4; Mzm. 119:14,24,72,103,111,131; Mat. 18:1-5,10,12-14;

“Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga.” (Matius 18:3 )

Berada dalam Kerajaan Sorga adalah tujuan hidup setiap anak-anak Allah, kita pasti merindukannya dan berupaya untuk mencapainya. Untuk itulah Yesus menghendaki kita seperti anak kecil yang memiliki sifat yang polos, jujur, terbuka serta kerendahan hati dimana mereka tidak memiliki kekuatan atau kuasa sehingga hidupnya selalu bersandar pada Allah.

Pertobatan sejati adalah syarat utama untuk memasuki kerajaan sorga sebab tanpa pertobatan seseorang tidak mampu mengerti kebenaran ilahi dan menanggalkan cara hidup yang lama dan mengarahkan hidupnya menuju jalan kekudusan seperti hidup Yesus sendiri.

Dalam masa Pandemi ini, kita diajak untuk lebih lagi mengandalkan Tuhan seperti anak kecil yang sepenuhnya percaya  pada rencana dan kehendak Bapa-Nya bahwa dia tidak akan dikecewakan karena dia  mengenal siapa Bapa yang mengasihinya. Bapa yang tahu apa yang terbaik bagi anak-anak yang dikasihi-Nya dan rancangan-Nya adalah rancangan damai sejahtera bukan rancangan kecelakaan serta hari depan yang penuh harapan. Mari kita terus berproses untuk terus memiliki kedewasaan iman dan menjadi arus ‘Rahmat Tuhan’ yang menjadi berkat bagi keluarga dan sesama yang Tuhan percayakan pada kita.

Tuhan memberkati.

Doa

Allah Bapa pengasih dan penyayang, kami merindukan untuk ada di dalam kerajaan-Mu, baik di bumi maupun di sorga di mana Engkau yang meraja dalam hidup kami. Kuatkanlah kami dalam perziarahan di dunia ini agar selalu hidup dalam pertobatan dan melakukan kasih, karena hanya Engkaulah Tuhan dan juru selamat kami. Amin. (IP)