Rahasia Kerajaan Surga

Renungan Kamis 23 Juli  2020

Bacaan: Yer. 2:1-3,7-8,12-13Mzm. 36:6-7ab,8-9,10-11Mat. 13:10-17

Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak. (Matius 13:11)

Setelah Yesus menceritakan perumpamaan tentang seorang penabur, murid-Nya bertanya: “Mengapa Engkau mengajar mereka dalam perumpamaan?”, jawab Yesus, “Kalian diberi karunia mengetahui rahasia kerajaan Surga, tetapi orang lain tdak.” Yesus menekankan kepada murid-Nya, bahwa menjadi murid Yesus sungguh beruntung karena mendapat karunia pemberian cuma-cuma untuk mengetahui  rahasia kerajaan Surga.

Kita pun mau berusaha untuk menjadi murid Yesus yang mengikuti perintah Yesus, membaca dan mendengarkan sabda-Nya setiap hari, merenungkannya dan melakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Misteri kerajaan Surga dinyatakan kepada orang kecil. Siapakah orang kecil menurut dunia? Kebanyakan orang yang miskin, yang tidak memiliki kedudukan tinggi, orang yang tidak berpendidikan tinggi. Saat saya sukses dalam pekerjaan, saya juga tidak mengerti rahasia kerajaan Surga. Saya memakai waktu hanya untuk kepentingan pendidikan, pekerjaan, keluarga dan hobi saya. Tidak ada waktu untuk membaca kitab suci, merenungkan kitab suci, apalagi melakukan. Bahkan sekretaris saya  justru yang mengerti rahasia kerajaan Surga, mendapat karunia dari Tuhan. Dia masih muda dan sudah menginjili saya. Bahkan bisa mengusulkan dan meyakinkan saya untuk mengadakan Persekutuan Doa di kantor. Namun saat itu saya tidak bergabung. Memang benar, rahasia kerajaan Surga dinyatakan bagi orang kecil, termasuk sekretaris saya yang masih mudah, tetapi sudah rajin berdoa, membaca kitab suci, merenungkan dan melakukan, serta berusaha, setiap ada kesempatan, menginjili saya.

Dinyatakan bagi orang kecil, saat saya menjadi pemimpin perusahaan, saya tidak mengerti. Namun pada saat mengalami kebangkrutan dan menjadi miskin, saya menjadi orang kecil dan mulai menyadari hidup saya yang salah dan mau berubah hingga saat ini. Sekarang saya mau menyiapkan waktu untuk berdoa, membaca Kitab Suci, merenungkan, melakukan perbuatan kasih dan mau melayani.

Semoga saya tetap setia untuk bisa menempatkan dan memelihara iman saya kepada Tuhan Yesus dan menjadi murid Krstus untuk selama-lamanya dan kita semua mendapat anugerah untuk mengetahui rahasia kerajaan Surga.

Ya Bapa kami mohon rahmat-Mu supaya kami tetap menjadi murid-Mu dan mengerti rahasia kerajaan Surga. Amin.

Tuhan Yesus memberkati kita semua. (KSM)