Mengerti Kehendak-Mu

Renungan Rabu 10 Juni 2020

Bacaan: 1Raj 18:20-39Mzm 16:1-2a.4.5.8.11Mat 5:17-19

Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga. (Matius 5:19)

Dalam Injil hari ini berisi firman yang tidak hanya menyenangkan dan memberi pengharapan saja, tetapi juga terdapat firman yang mebuat kita takut dan sedih. Sering kali kita hanya mau membaca dan menerima ayat-ayat yang membuat kita senang saja, atau hanya mengindahkan dan memperhatikan ayat-ayat yang menurut kita sesuai dengan keinginan kita. Bahkan kita menuliskan ayat itu dalam buku catatan kita. Tidak jarang kita menulis di status WhatsApp, Facebook, Instagram dan media sosial lainnya. Kita sering mengabaikan ayat-ayat yang lainya yang mebuat kita takut dan bersedih.

Dalam Injil hari ini Tuhan Yesus menegaskan kepada kita bahwa Tuhan Yesus datang bukan untuk melenyapkan Hukum Taurat, tetapi menggenapinya. Jadi ketika kita menerima sebagian ayat saja dalam Injil, dan mengabaikan yang lain, ini sama saja dengan yang kita baca dalam bacaan pertama, di mana bangsa Israel mengikuti allah lain yang bisa menuruti semua keinginan mereka.

Untuk itu marilah kita belajar mulai sekarang, untuk menerima dan melaksanakan semua sabda Tuhan. Supaya kita layak di hadapan Tuhan.

Doa: Tuhan Yesus, ampunilah aku selama ini hanya menuruti keinginanku saja, tanpa mempedulikan apa yang Engkau kehendaki. Bimbinglah aku supaya semakin hari semakin dekat dan mengerti kehendak-Mu dan melakukanya. Amin. (FXG)