Datanglah Kepada Yesus

Renungan Jumat 26 Juni 2020

Bacaan: 2Raj. 25:1-12Mzm. 137:1-2,3,4-5,6Mat. 8:1-4

Maka datanglah seorang yang sakit kusta kepada-Nya, lalu sujud menyembah Dia dan berkata: “Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku. (Matius 8:2)

Dalam Injil hari ini, kita membaca tentang seorang penderita kusta yang datang kepada Yesus untuk menyampaikan kebutuhannya. Penyakit kusta telah membuatnya dikucilkan dari masyarakat. Orang kusta sangat menderita lahir maupun batin. Penyakitnya tidak dapat disembuhkan kecuali oleh mukjizat. Penderita kusta selalu diasingkan supaya tidak menulari atau menajiskan orang lain.

Langkah awal untuk mengalami kesembuhan dari Tuhan adalah datang kepada Tuhan Yesus dengan penuh iman dan keyakinan bahwa Yesus bisa menyembuhkan. Seorang sakit kusta datang kepada Yesus dengan sujud menyembah, berarti datang dengan penuh kerendahan hati dan mengakui bahwa keputusan untuk menyembuhkan dirinya berada di tangan Yesus dengan berkata, “Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku.” Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah dan menyembuhkan seketika hanya dengan menggunakan kata-kata-Nya.

Seperti penderita kusta, kita tidak perlu segan mendatangi Yesus dengan kerinduan untuk memperoleh pertolongan-Nya. Ketika kita datang kepada Yesus dalam kerendahan hati dan sikap menyembah, kita dapat mempercayai bahwa Tuhan Yesus pasti menolong dan memberi apa yang terbaik untuk kita.

Doa: Allah Bapa di surga, berilah aku hati yang mau menyembah, yang yakin akan kuasa-Mu, dan mempercayai bahwa saat kubawa pergumulanku kepada-Mu, engkau akan melakukan yang terbaik. Aku mau berserah hanya kepada kehendak-Mu. Amin. (KLC)