Berani Tampil Beda

Renungan Selasa 23 Juni 2020, Hari Biasa Pekan Biasa XII

Bacaan: 2Raj. 19:9b-11,14-21,31-35a,36Mzm. 48:2-3a,3b-4,10-11Mat. 7:6,12-14

Masuklah melalui pintu yang sesak itu, karena lebarlah pintu dan luaslah jalan yang menuju kepada kebinasaan, dan banyak orang yang masuk melaluinya. (Matius 7:13)

Shalom, Saudaraku yang dikasihi Tuhan.

Di dalam hidup, seringkali kita dihadapkan dengan pilihan. Pilihan yang membawa hidup kita dekat dengan Tuhan atau menjauh dari Tuhan. Ketika kita memilih untuk dekat dengan Tuhan, maka kita berani tampil beda.

Perintah Tuhan, “Masuklah melalui pintu yang sesak…” Di sini sudah tidak ada pilihan tapi Tuhan menyuruh kita untuk masuk pintu sesak. Pintu masuk yang menuju hidup kekal itu benar-benar sesak dan jalan yang ditempuh melalui banyak kesukaran. Ketika kita memilih untuk mengikuti Yesus, maka diminta untuk menyangkal diri dan pikul salib. Ada hambatan, godaan, ancaman, putus asa di dalam mengikuti Yesus, tetapi kita tidak boleh menyerah dalam menghadapi jalan sesak. Jangan menyerah.

Sebagai anak Tuhan, kita akan dimampukan di jalan yang sesak dengan menghadirkan Yesus berjalan bersama-sama dengan kita. Pada masa pandemi COVID-19, maukah kita tetap taat kepada pemerintah untuk tetap di rumah, mengikuti prosedur kesehatan yang diminta. Atau kita mementingkan diri sendiri, tidak peduli terhadap pemerintah.

Ketika kita mau taat dan menjalankan instruksi dari pemerintah maka kita juga sudah mengikuti Yesus dengan mengasihi sesama kita. Demikian juga selama pandemi COVID-19, kita lebih banyak waktu di rumah dengan keluarga, berdoa bersama, doa rosario, misa online setiap hari, membawa kita lebih dekat kepada Tuhan.

Doa: Tuhan, terima kasih atas rahmat-Mu, kami dimampukan senantiasa untuk berani tampil beda dengan lebih mengasihi sesama kami seperti Engkau Bapa sudah mengasihi kami terlebih dulu. Amin. (BDH)