Gembala Yang Baik

Renungan Senin 4 Mei 2020

Bacaan: Kis. 11:1-18; Mzm. 42:2-3; 43:3,4; Yoh. 10:11-18.

Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku. (Yohanes 10:14)

Yesus mengatakan bahwa Dialah gembala yang baik, yang benar-benar nyata dalam kehidupan kita pada saat ini. Gembala yang baik adalah gembala yang tidak begitu saja meninggalkan domba-dombanya pada saat kelaparan, ketakutan, kecemasan, kebimbangan, tetapi seorang gembala yang baik justru hadir pada saat domba-dombanya membutuhkan pertolongan, penghiburan, penguatan, perlindungan. Gembala yang baik pasti akan mengenal dombanya dan memberikan sapaan dengan penuh kelembutan sehingga domba-domba yang telah mengenalnya dengan baik, akan merasakan sukacita dan damai sejahtera.

Memaknai firman Tuhan pada saat situasi dan kondisi pandemi Covid-19 ini, di mana hubungan sosial mayarakat sudah sangat dibatasi, hubungan antar keluarga juga terbatas, dan yang kita alami bahwa kehadiran Tuhan Yesus melalui Ekaristi harus diterima secara batin. Ini semua tentunya menjadi ujian bagi iman kita semua, yaitu iman percaya akan Yesus Kristus yang tidak pernah meninggalkan kita dalam keadaan serba terbatas. Yesus selalu hadir bagi kita yang ketakutan akan penyebaran COVID-19 ini, harus kehilangan pekerjaan, kehilangan mata pencaharian, dan banyak hal terjadi. Maka firman Yesus menjadi jaminan pasti akan keselamatan hidup kita, yang percaya kepada-Nya.

Sebagai anak-anak yang tetap beriman kepada teladan Yesus Kristus, yang telah menebus dosa-dosa kita dengan penderitaan-Nya, hendaknya kita semua tetap setia dalam pengharapan, iman dan kasih atas kuasa dan kemuliaan-Nya. Hanya Yesus yang selalu menuntun kita terus menerus agar dapat keluar dari permasalahan hidup saat ini, dan senantiasa diberikan anugerah damai sukacita sesuai firman-Nya.

Melalui Injil Yohanes ini, kita belajar menyerahkan seluruh peristiwa kehidupan ini kepada Allah, dan tetap berusaha untuk selalu berelasi dengan Allah setiap saat agar terjadi pertumbuhan iman sesuai kehendak-Nya. Tetap mengandalkan Roh Kudus dalam menghadapi kesulitan hidup, dan belajar memaknai setiap anugerah-Nya, karena Dialah gembala yang baik.

Doa: Allah Bapa yang Maha Baik dan Maha Kasih, kami bersyukur kepada-Mu karena boleh mengenal Engkau sebagai gembala yang baik. Dalam keadaan apa pun yang kami alami, Engkau selalu membimbing aku. Ajarilah kami untuk tetap mengandalkan Engkau dan mampukanlah kami untuk mengenal suara-Mu. Kiranya Roh KUDUS mengantarkan kami sampai kepada Kerajaan-Mu, demi Tuhan Pengantara kami. Amin. ( MPS )